New Normal, Pemkab Banggai Berencana Gelar Sweeping Masker

oleh -

Dandim 1308/LB dan Wakapolres Banggai Siap Beri Dukungan Pelaksanaan Sweeping Masker

KABAR LUWUK, BANGGAI – Pemerintah daerah Kabupaten Banggai dalam waktu dekat rencananya akan melaksanakan sweeping atau razia terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker pada masa new normal. Hal itu terungkap dalam rapat pembahasan new normal tentang persiapan sweeping masker yang dilaksanakan di ruang rapat khusus Kantor Bupati Banggai, Senin (13/7/2020) yang dipimpin langsung Bupati Banggai DR. H. Herwin Yatim.

Pada rapat yang dipimpin bupati itu dihadiri oleh Dandim 1308/LB Letkol Inf. Fanny. Pantouw. S.sos, M.Tr, Han.,M.I.Pol, Kapolres Banggai yang diwakili Wakapolres Kompol Esriyati Ndese SH, Kepala BPBD Rensli Saajad, Kadinkes dr. AnangOtoluwa, Asisten Dua Drs. Alfian Djibran, Kasat Pol PP Suwitno Abusama. SH serta para kepala SKPD dan instansi lainnya ini membahas tentang rencana pelaksanaan sweeping masker terhadap masyarakat di Kabupaten Banggai.

DR. Ir. H. Herwin Yatim, MM pada penyampaiannya mengatakan, diperhadapkan dengan berlakukannya situasi New Normal itu, ia berharap agar semua pihak jangan lengah dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama permasalahan yang sedang dibahas ini menyangkut penggunaan masker.

Baca Juga  Polres Palu Amankan Pelaku pencurian HP di 35 TKP

Lebih lanjut Bupati Banggai mengatakan, penggunaan masker perlu di terapkan khususnya di Kabupaten Banggai, karna sesuai penyampaian Mentri Kesehatan bahwa Virus ini dapat menyebar melalui udara, untuk itu perlu kita lakukan sweeping masker, agar masyarakat dapat menyadari betapa pentingnya penggunaan masker bagi diri mereka dan keluarga. Herwin Yatim juga menyebutkan akan segera membuat surat edaran untuk di berikan ke tempat-tempat ibadah, tempat hiburan dan mall, agar mereka dapat menyampaikan setiap saat mengenai penggunaan masker agar masyarakat memahami pentingnya penggunaan masker.

“Mekanisme pelaksanaan sweeping nantinya, akan kami laksanakan pada hari Rabu atau Kamis, namun jelasnya nanti kami akan surati ke instansi terkait,” kata Herwin Yatim dalam rapat itu.

Baca Juga  Apresiasi Dedikasi yang Luar Biasa, TNI AL Beri Penghargaan Bidan Awanthy Pangas

Dandim 1308/LB Letkol Inf. Fanny Pantouw. S.sos, M.Tr. Han., M.I. Pol menyampaikan,  berkaitan dengan sweeping masker ini, sebaiknya diutamakan di wilayah pintu masuk Kabupaten Banggai baik melalui jalur darat, udara dan laut. Terkait sweeping katanya untuk selalu mengedepankan satuan Polres dan Pol PP saat pelaksanaan kegiatan yang melibatkan instansi terkait.

“Kami Khususnya satuan Kodim 1308/LB, akan selalu mendukung semaksimal mungkin program dari pemerintah daerah Kabupaten Banggai. Dalam pelaksanaan sweeping masker nantinya, ada baiknya saat di ketemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker, sebaiknya di serahkan ke aparat Desa, Kelurahan  tempat dimana ia berdomisili. Nanti aparatnya yang memberikan suatu himbauan terkait pentingnya penggunaan masker buat diri kita. Intinya kita harus selalu menggunakan dengan cara yang humanis,” ungkap perwira dua melati ini.

Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto melaui Wakapolres Kompol Esriyati Ndese SH  menambahkan, prinsipnya Polres Banggai mendukung program sweeping masker tersebut, untuk itu harus diadakan sosialisasi terlebih dahulu baik melalui media massa, maupun yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terutama kepada instansi-instansi terkait.

Baca Juga  ESSA PT Panca Amara Utama Kembali Gelar Vaksinasi Tahap Kedua Untuk Karyawan dan Masyarakat Sekitar

“Saya kira untuk menurunkan tim dalam rangka sweeping masker, bisa dibuatkan surat edaran ke masing-masing instansi agar kita paham dalam pelaksanaan tugas nantinya,” kata Kompol Esriyati Ndese SH.

Pada kesempatan yang sama Asisten II Pemkab Banggai Drs. Alfian Djibran mengemukakan, dalam sweeping masker, nantinya dilakukan di tempat-tempat umum seperti pasar, pelabuhan  serta fasilitas umum lainnya. Pelaksanaan tugas itu akan mudah jika dilaksanakan dengan kesungguhan dan kerjasama seluruh instansi terkait.

Berkaitan dengan rencana sweeping masker itu Bupati Banggai berharap semoga masyarakat dapat menerima dengan lapang dada, karena semua ini dilakukan demi kebaikan bersama. Dengan tujuan agar masyarakat tetap sehat dan dijaukan dari wabah virus covid-19. (IkB)