Mata Rantai Pandemi Dapat Diputus Lewat Keluarga

oleh -

KABAR LUWUK, PALU – Keluarga dapat mencegah para anggotanya dari penyebaran pandemi Covid-19. Olehnya peran keluarga menjadi vital sebagai garda depan untuk memutus mata rantai pandemi agar tidak semakin meluas.

Menurut Wakil Ketua 2 TP-PKK Sulteng Dra. Hj. Hasiaty Ponulele, M.Kes, peran ibu khususnya dalam keluarga sangat sentral untuk mengedukasi keluarga perihal 3M dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal ini Ia sampaikan saat mewakili Ketua TP-PKK Sulteng pada sesi Webinar Kampanye Nasional Covid-19 oleh Poltekkes Kemenkes Palu bertema, “Peran Keluarga Dalam Pencegahan Covid-19”, Kamis (10/12).

Menurut Waket 2 Hasiaty, pandemi telah membawa hikmah bagi keluarga yaitu semakin dekatnya hubungan individu dengan keluarganya.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Polsek Toili Limpahkan Kasus Cabul

“Inilah momen untuk semakin mendekatkan diri kepada keluarga yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan,” ucapnya.

Contoh kedekatan tersebut misalnya terbentuk saat melaksanakan ibadah sholat berjamaah dari rumah.

Bahkan hal ini membuat para ayah menjadi terbiasa mengimami anggota keluarganya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan bahwa kader PKK senantiasa hadir pada semua lini untuk membantu dasawisma dalam meningkatkan kesadaran protokol kesehatan.

“Kita semua hidup berdampingan dengan Covid-19 maka Kita harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” tuturnya mengingatkan.

“Jaga penerapan PHBS dan 3M dalam keluarga agar terhindar dari penularan Covid-19,” pungkasnya. Webinar yang diikuti ratusan peserta ini, dibuka secara virtual oleh Kepala Badan PPSDMK Kementerian Kesehatan RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS. (IkB)