Kecamatan Totikum Selatan Gelar Komsos dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Lanjutan Tahap II

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan pada Selasa (9/3/2021) menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) oleh Unsur Forkopimcam Kecamatan Totikum Selatan, yang dilanjutkan kegiatan Vaksinasi Lanjutan Covid-19 merek Sinovac Tahap II yang diperuntukan bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) UPT PKM Totikum Selatan. Kegiatan itu digelar di UPT Puskesmas (PKM) Desa Kanali.

Sebelum dilaksanakan Vaksinisasi lanjutan Tahap II bagi Nakes PKM. Totsel, sebelumnya dilaksanakan kegiatan Komsos oleh Babinsa/Danpos Totikum dan Totsel terkait penggunaan Vaksin Sinovac yang aman dan halal.

“Kami dari pihak TNI Kodim 1308/LB telah melaksanakan Vaksinisasi pertama tahap II Nasional dengan kondisi baik-baik saja. Jika dalam pelaksanaan Vaksininasi kedepan yang diperuntukan bagi Pemdes dan masyarakat Se-Kecamatan Totikum Selatan ada hal-hal yang mengganggu Kamtibmas, agar pihak UPT PKM Totikum Selatan dapat melaporkan dan berkoordinasi dengan unsur TNI-Polri melalui Polsek Totikum dan  Danpos TNI Koramil 1308-10/Salakan yang ada di Kecamatan Totikum untuk membantu mengamankan jalannya proses vaksinasi di wilayah ini,” terang Serma J Ferry selaku Babinsa/Danpos Totikum dan Totsel Koramil 1308-10/Slkn.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Polsek Toili Limpahkan Kasus Cabul

Camat Totikum Selatan Apriyanto Pamolango, S.STP dalam kesempatan tersebut mengatakan, kehadiran unsur Forkopimcam di UPT PKM Totsel ini,  bermaksud agar kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan di wilayah Pemcam Totsel dapat berjalan sesuai dengan maknisme yang ada dengan berkoordinsi dan menjalin sinergitas bersama unsur forkopimcam Totsel.

Terdapatnya kegiatan besar kedepan terkait vaksinasi kepada Pemdes dan masyarakat di Kecamatan Totsel, sebelumnya oleh pihak UPT PKM Totsel dapat memberikan sosialisasi positif terhadap Pemdes Se-Kecamatan Totsel, dan mengimbau kepada masyarakat agar dapat melaksanakan Vaksinasi sesuai aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Saya minta agar pihak UPT PKM Totikum Selatan melakukan sosialiasi terhadap pemdes se kecamatan Totikum Selatan. Tidak ada unsur provokasi negatif yang dilakukan oleh Pemdes atau masyarakat, intinya Vaksin Sinovac yang akan dilakukan nantinya adalah aman dan halal,” ujar Arpiyanto Pamolango.

Baca Juga  Gubernur Sulteng Pimpin Rapat Penaganan Covid Bersama Tim Satgas

Usai melaksanakan Komsos unsur Forkopimcam dengan Kapala UPT PKM Totikum Selatan bersama para dokter, selanjutnya unsur forkpimcan menyaksikan pelaksanaan Vaksinasi terhadap 12 orang Nakes UPT PKM Totsel.

Adapun hasil pelaksanaan vaksinasi lanjutan tahap II tersebut, dilaporkan jumlah sisa Vaksin Covid-19 merek Sinovac sebanyak 12 vial isi 0,5 ml/vial. Nakes yang akan divaksinasi tersebut telah lulus dari proses skrining yang memuat 15 pertanyaan dan kemudian nakes menandatangani surat bersedia divaksinasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Apriyanto Pamolango, S.STP, Serma J. Ferry ( Babinsa/Danpos Totikum dan Totsel Koramil 1308-10/Slkn), Bripka Harmawansyah Ps. Kanit Intel Poksek Totikum mewakili Kapolsek Totikum, Briptu Ariel Rantu dan Briptu Alihum Bhabinkamtibmas Polsek Totikum, Brusli I Sabuntak, A.Md.Kep  Kepala UPT PKM Totikum Selatan, dr. Qadri Apid  dan dr. Selfiani selaku dr. Umum UPT PKM Totsel dan Burhan Satpol PP Kecamatan Totsel. (Arman Londomi/KL)