Kecamatan Totikum, Banggai Kepulauan Siapkan Tempat Karantina Warga Terkonfirmasi Covid-19

oleh -
Camat Totikum Irwan Mayang, SH melakukan peninjauan tempat Karantina bagi dua orang Pasien terkonfirmasi positif yang akan dikarantinakan pada Selasa, 10 November 2020. (foto dok Babinsa Totikum)

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Pada hari Selasa, 10 November 2020, pukul 10.15 Wita, Satgas Covid-19 Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan dipimpin Camat Totikum Irwan Mayang, SH melakukan peninjauan tempat Karantina bagi dua orang Pasien terkonfirmasi positif yang akan dikarantinakan pada sore hari ini. Camat sekaligus meninjau pembuatan tenda Posko Satgas Covid-19 yang ditempatkan di area lokasi karantina.

Camat Totikum pada kesempatan dalam kegiatan tersebut, oleh awak media telah mengkonfirmasikan sehubungan tempat karantina ( ruang Isolasi ) bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bangkep, dimana tempat karantina Kab. Bangkep saat ini sudah tidak lagi dapat menampung pasien, sehingganya oleh Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkep memerintahkan kepada seluruh Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan untuk menyediakan sarana karantina ( ruang isolasi ) bagi pasien covid-19 yang ada di wilayah kerja masing-masing.

“Ini merupakan tindaklanjut perintah Satgas covid-19 Kabupaten yang memerintahkan agar satgas kecamatan membuat atau menyediakan sarana karantina bagian pasien atau orang terkinfirmasi positif di wilayahnya masing-masing,” kata Irwan Mayang.

Baca Juga  Jaga Kehandalan Operasi, DSLNG Laksanakan Vaksinasi Kedua

Lanjutnya, upaya Satgas Covid-19 Totikum telah menyediakan sarana karantina tersebut yang di tempatkan di perumahan UPT. Puskesmas Totikum yang tidak terpakai. Perumahan tersebut sebanyak 2 unit bangunan yang berada di tempat yang terpencil dan jauh dari jangkauan masyarakat.

“Kita sudah mempertimbangan lokasi isolasi ini, jauh dari pemukiman penduduk dan tempatnya terpencil, sudah pasti kita akan tempatkan petugas memantau para orang terkonfirmasi positif. Bahkan kita buatkan juga posko di sekitar sini bagian dari pengawasan dan pemantauan,” tambahnya.

Harapannya, bagi para pasien Covid-19 yang telah dan akan dikarantinakan, agar secepatnya sembuh dari Virus Corona. Kami selaku Ketua Satgas Covid-19 juga mengharapkan kepada seluruh warga masyarakat di Kab. Bangkep khususnya di Kec. Totikum untuk selalu menjalakan Protocol Kesehatan dengan melalui edukasi 4 M yakni selalu mencuci tangan, menggunakan masker kemanapun jika keluar dari rumah, selalu menjaga jarak serta untuk selalu menghindari kerumunan. (IkB)