Kapolsek Toili Pimpin Pemantauan dan Evakuasi Warga Terdampak Banjir

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Curah hujan yang cukup tinggi dibarengi dengan debit air yang tidak mampu lagi disalurkan oleh sejumlah sungai membuat air meluap hingga kesejumlah pemukiman penduduk. Olehnya itu Jumat (26/6/2020) Kapolsek Toili IPTU Candra bersama jajarannya melakukan pemantauan dan evakuasi warga terdampak banjir dibeberapa titik ke tempat yang lebih aman.

Kapolsek Toili IPTU Candra kepada media ini mengatakan, pada hari Jumat, 26 Juni 2020 sekira pukul 09.00 wita, enam personil Polsek Toili yang di pimpin langsung olehnya itu. Melaksanakan Patroli di wilayah hukum Polsek Toili yang mengalami banjir akibat dampat curah hujan yang cukup tinggi.

Curah hujan yang cukup deras tersebut mengakibatkan sungai di wilayah hukum Polsek Toili mengalami kenaikan debit air dan meluap ke pemukiman warga yaitu Sungai di Desa Singkoyo, kecamatan Toili. Terpantau debit air mencapai kurang lebih 3 meter di bawah permukaan jembatan. Selanjutnya Sungai Desa Tohitisari, debit air terpantau masih stabil, air masih di bawah permukaan jembatan dengan ketinggian kurang lebih dua meter. Demikian juga Sungai Desa Kamiwangi, Kecamatan Toili Barat, debit air tinggi dan meluap ke pemukiman warga.

Baca Juga  Malam Ini, Bantuan Oksigen IMIP Grup Menuju Palu

Akibat banjir yang disebabkan air meluap dari sungai menyebabkan Desa Kamiwangi tergenang air meliputi  Dusun 1, 2 dan Dusun 3 dengan rincian dampak yakni Dusun 1 menggenangi sekira 25 rumah warga. Untuk Dusun 2 terjadi genangan ke rumah warga berjumlah 30 rumah. Untuk Dusun 3 terjadi genangan di 15 rumah warga.

“Akibat terjadinya luapan air sungai yang terjadi di Desa Kamiwangi, air menutupi akses jalan lorong dan halaman rumah warga dengan ketinggian  sekira 25 centimeter hingga 50 centimeter. Tidak ada korban jiwa ataupun materi akibat genangan air itu, walaupun ada satu rumah warga yang air sampai masuk ke dalam rumah,” terang Kapolsek Toili.

Tingginya intensitas hujan yang terjadi pada hari kamis subuh hingga hari ini menyebabkan beberapa sungai di wilayah hukum Polsek Toili mengalami kenaikan debit air. Terjadinya genangan air di beberpa rumah warga terjadi karna intensitas hujan yg cukup tinggi dan luapan sungai sehingga drainase pembuangan (Riol) tidak dapat berfungsi dengan baik. Saat ini curah hujan sudah mulai reda dan air sudah mulai surut. (Marjuki Bayu)