Kapolres Banggai Kerahkan 225 Personil Amankan FPD

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Pembukaan Festival Pulo Dua (FPD) akan digelar hari Kamis (25/7) di kawasan Teluk Lalong, guna menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan yang berlangsung selama empat hari terpusat di Desa Kampangar dan Pulo Dua, Kecamatan Balantak Utara itu, Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh mengerahkan personil gabungan sebanyak 225 orang. Hal itu diungkapnya usai melakukan paparan pengamanan FPD di Mapolda Sulteng.

Kepada media ini Kapolres Banggai mengatakan, pelibatan personil pengamanan FPD sebanyak 225 personil, sementara peralatan atau sarana prasarana yang digunakan dalam pengamanan FPD tahun 2019 menggunakan Inventaris Dinas Polri yang ada pada satuan masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan dan hakekat ancaman yang dihadapi.

“Saya sudah paparan di Polda Sulteng terkait pengamanan FPD, kendati tidak didukung anggaran Pemda kita mengerahkan personil sebanyak 225 orang dengan sarpras disesuaikan kebutuhan dan ancaman yang kemungkinan dihadapi,” terang perwira dua melati ini.

Baca Juga  TNI/POLRI Bantu Pemulasaran Jenazah Covid-19 di RS Trikora Salakan

Pola pengamanan yang dilakukan selain pengamanan terbuka juga dilakukan pula pengamanan tertutup. Hanya saja pada pengamanan FPD nanti dikedepankan penggalangan terhadap masyarakat yang artinya menggunakan kekuatan masyarakat secara bersama membantu tugas Polisi agar jalannya FPD itu berjalan aman dan lancar.

Pada paparannya itu Kapolres Banggai menyampaikan sejumlah kerawanan diantaranya, ternak warga, ancaman pencurian motor dan barang pengunjung serta jaringan komunikasi yang kurang memadai. Sehingganya personil pengamanan akan ditempatkan disejumlah titik rawan dengan dukungan alat komunikasi Handy Talky.

Tidak hanya itu, Kapolres Banggai juga menyebutkan adanya sejumlah ancaman alam berupa tanah longsor dan ancaman banjir mengingat saat ini diwilayah Kabupaten Banggai tengah memasuki musim penghujan. Selain itu jalanan menuju kelokasi pelaksanaan FPD banyak yang berlubang serta kurangnya penerangan jalan bisa saja menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas.

Baca Juga  Lagi, IMIP Kirim Bantuan Atasi Kelangkaan Oksigen

“Sudah kami petakan semuanya, kita berharap masyarakat bersama Polri dan TNI saling bersinergi bahu membahu menyukseskan acara ini, mari kita jaga keamanan bersama dimasing-masing wilayahnya,” tambah AKBP Moch Sholeh.

Personil pengamanan FPD akan melakukan penjagaan sejumlah tamu VVIP sejak dari bandara hingga ke lokasi pelaksanaan FPD di Desa Kampangar. Sejumlah tenda atau posko nantinya akan disiapkan dilokasi FPD yang nantinya ditempati personil pengamanan. Bahkan rencananya Polres Banggai akan menyediakan personil Urdokes mengantisipasi jika ada warga atau pengunjung yang membutuhkan pertolongan medis tingkat awal. (ikb)