Hidayat Lamakarate Dorong Pemuda Banggai Bersaudara Membangun Daerah Memanfaatkan Sumber Daya Alam Secara Maksimal

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Calon Gubernur Sulawesi Tengah, Hidayat Lamakarate terus bergerak dalam meraih simpati masyarakat agar mengamanatkan kepercayaan mereka pada Pilkada Desember 2020 mendatang. Salah satu upaya yakni menggerakan ekonomi dan pembangunan dengan mendorong partisipasi pemuda yang bakal direalisasikan jika dipercaya  menjabat sebagai gubernur nanti.

Hidayat Lamakarate percaya wilayah Banggai bersaudara, yang terdiri dari Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alamnya. Olehnya itu diperlukan peran para pemuda untuk membangun daerah mereka melalui pemanfaatan sumber daya alam itu. Sektor wisata merupakan salah satu sumber daya yang mesti dikelola dengan maksimal namun tidak mengeyampingkan upaya pelestarian agar lokasi wisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu eksplorasi lokasi wisata baru juga diperlukan sehingga minat kunjungan wisatawan ke suatu daerah semakin tinggi dengan ketersediaan beragam atraksi dan sajian panorama alam yang lestari.

Disektor bahari, Hidayat yakin wilayah Banggai bersaudara yang selama ini menjadi pemasok hasil laut baik dalam skala lokal maupun nasional bahkan internasional dapat lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi. Tentu saja dengan mengandeng para pemuda dan pemudi di wilayah setempat berperan aktif. Terkadang persoalan pemasaran menjadi masalah yang dapat menurunkan nilai jual produk perikanan laut ini. Namun dengan pemanfataan jaringan para pemuda yang melek teknologi bisa mempercepat proses pemasaran sekaligus dapat meningkatkan nilai jual.

Baca Juga  Polsek Lobangkurung Operasi KRYD

Pernah menjabat sebagai plt Bupati Banggai Laut dan terakhir sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng tentu saja Hidayat Lamakarate faham akan kondisi wilayah Banggai Laut dan banggai bersaudara. Kekayaan sumber daya alam di tiga kabupaten ini belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga peningkatan ekonomi dan pembangunan belum bisa dirasakan.

“Sebagai pejabat yang pernah memimpin Balut, saya memiliki tanggungjawab dalam membangun Kabupaten Balut kedepan, termasuk wilayah banggai bersaudara dengan memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam dengan melibatkan peran para pemuda,” katanya Harapannya seluruh pemuda di Banggai Bersaudara untuk memajukan daerahnya menjadi daerah yang maju dan berdaya saing. (***)