Hasil Uji Swab Tiga Warga Banggai Positif Corona

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Hasil uji sampel dahak tenggorokan atau swab tiga warga di Kabupaten Banggai yang dilakukan pada Rabu (13/5/2020) di Laboratorium Kesehatan Pemprov Sulteng telah selesai. Hasilnya tiga warga itu dinyatakan terkonfirmasi positif corona sebagaimana pernyataan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Provinsi Sulteng Jumriani Yunus yang dihubungi media ini melalui sambungan telepon, Kamis (14/5/2020).

Bahkan Bupati Banggai Ir Herwin Yatim telah menyampaikan secara langsung melaui sejumlah jejaring sosial bahwa tiga warganya positif terkonfirmasi corona. Kepastian tiga orang warga Kabupaten Banggai yang terkonfirmasi positif itu di sampaikan Herwin Yatim agar tidak menjadi bola liar atau hoax yang ditambah-tambahi masyarakat.

Baca Juga  Dampak Penutupan Akses Jalan, Pemuda Maahas Usulkan Gedung Unismuh Jadikan Tempat Pasien Covid 19

“Benar ada tiga warga Kabupaten Banggai berdasarkan hasil uji swab dinyatakan positif, hal ini tentu saja bukanlah hal yang kita harapkan namun kita tetap harus sampaikan agar tidak menjadi hoax di masyarakat,

Tiga orang ini telah diambil swab dan diperiksa di Palu itu yakni Lelaki J (20) warga Kelurahan Bungin, perempuan F (26) warga Kecamatan Nambo dan lelaki N (39) Kecamatan Nuhon kata Bupati Banggai Herwin Yatim kepada sejumlah wartawan. Mereka kata Bupati Banggai merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang selama ini bergerak tanpa gejala.

“Hasil yang diberikan kepada kami, bahwa ketiga orang yang telah selesai diperiksa dinyatakan positif terpapar covid-19 dan semua mereka telah di jemput, satu sudah masuk beberapa hari lalu di ruang isolasi Kabupaten Banggai. Dua dalam proses pelaksanaan isolasi sesuai prosedur penanganan covid,” kata Herwin Yatim.

Baca Juga  Satu Pegawai Dinas Perdagangan Kabupaten Banggai Positif Covid 19

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan, dokter Anang Otoluwa bahwa para orang terkonfirmasi positif itu memiliki riwayat perjalanan dari zona merah yakni Surabaya, Gowa dan Gorontalo. Olehnya itu tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Banggai saat ini akan berupaya melakukan upaya-upaya agar tidak kalah cepat dengan penyebaran covid-19. (IkB)