Hasil Rapid Tes Empat Warga Balut Reaktif Positif Covid, Tim Gugus Tugas Bakal Menguji Sampel Swab

oleh -

KABAR LUWUK, BALUT – Tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Banggai Laut melakukan gerak cepat pasca adanya satu orang warga Kabupaten Banggai Kepulauan yang terkonfirmasi positif corona dengan melakukan langkah penelusuran data orang yang memiliki riwayat kontak. Berdasarkan hasil penelusuran itu tercatat ada 17 warga Balut yang memilki riwayat kontak dengan orang positif corona Bangkep.

Tujuh belas orang yang memiliki riwayat kontak berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) itu tersebar yakni 13 di Pulau Banggai, satu di Kecamatan Bokan Kepulauan dan tiga di Kecamatan Bangkurung. Selanjutnya, tim gugus tugas covid-19 menghubungi 13 orang yang ada di Pulau Banggai melalui telepon yang pada intinya meminta kesediaan mereka melakukan Rapid Diangostic Test (RDT) atau rapid tes. Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 11 orang yang telah menjalani rapid tes itu empat orang dinyatakan reaktif corona virus.

“Empat orang ini, akan dilakukan uji swab dan sampelnya akan dikirim ke UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Labkesda) untuk pengujian lebih lanjut (menentukan Positif atau Negatif dengan metode Polymerase Chain Reaction atau PCR), mohon diingat reaktif belum tentu positif, masih perlu ada hasil uji swab yang menentukan positif tidaknya,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Banggai Laut Bustanul Arifin, S.Farm, Apt, M.Sc, MPH, Ph.D.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Polsek Toili Limpahkan Kasus Cabul

Dua orang dari 13 orang yang tersisa yang ada di Pulau Banggai pada hari ini telah melakukan pula RDT sementara empat lainnya yang berada di luar Pulau Banggai telah di hubungi melalui Puskesmas terdekat untuk kemudian dilakukan RDT termasuk pengambilan sampel yang akan di periksa di laboratorium RSUD Banggai.

Sebagai catatan bahwa 17 orang ini kata Bustanul Arifin telah melewati masa karantina selama 14 hari. Selama periode karantina ini, mereka tidak melaporkan gejala dan hingga hari ke 33 mereka semua dalam keadaan sehat. 17 orang ini harus menjalani RDT berdasarkan ‘laporan hasil pemeriksaan rekan mereka di Kabupaten Banggai Kepulauan, yang telah dinyatakan ‘terkonfirmasi positif.

Baca Juga  Kapolres Banggai Pimpin Upacara Pemakaman Wakapolres Almarhum Kompol Reki Hendra Lumintang

Pada kesempatan itu Bustanul Arifin mengajak masyarakat tetap waspada dengan mematuhi anjuran pemerintah serta tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. (ikb)