Gerak Cepat Kodim 1307/Poso Menanggulangi Bencana Banjir di Lore Barat, Poso

oleh -

Dandim Perintahkan Jajaran Bantu Evakuasi Warga dan Barang Ke Tempat Sementara

KABAR LUWUK, POSO – Banjir bandang kiriman melanda warga Desa Lengkeka Lembah, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso. Banjir bandang yang disebabkan oleh hujan deras yang terjadi pada Selasa (3/3/2020) kemarin itu membuat sejumlah rumah warga tergenang air.

Bajir bandang menerjang perumahan warga, saat ini warga terpaksa dievakuasi ke tempat sementara. foto : Istimewa

Tak hanya air, banjir juga membawa lumpur yang turut menggenangi pemukiman warga. Ketinggian lumpur bervariasi mulai semata kaki hingga lutut orang dewasa. Akibatnya warga terpaksa harus pindah ke tempat sementara termasuk membawa barang-barang yang bisa diselamatkan.

Mendengar adanya bencana itu, Dandim 1307/Poso Letkol Inf Catur Sutoyo. SE langsung memerintahkan jajarannya untuk berjibaku membantu warga mengevakuasi diri dan barang-barang yang bisa diselamatkannya.

Baca Juga  Kapolsek Bunta" Pentingnya Kesadaran Dalam Menekan Angka Covid-19

“Begitu mendapat laporan banjir yang menimpa warga, saya langsung memerintahkan para Babinsa meluncur untuk membantu warga. Prioritas yakni mengevakuasi warga dan barang yang bisa diselamatkan. Selanjutnya melakukan pendataan berkaitan dengan jumlah warga terdampak serta kebutuhan yang mendesak,” kata Dandim 1307/Poso Letkol Inf Catur Sutoyo. SE.

Tidak hanya rumah warga saja yang menjadi korban, banjir bandang itu juga menerjang perkebunan warga yang menyapu sejumlah tanaman.

“Untuk kerugian belum bisa dihitung. Kami masih fokus pada penanganan bencana terlebih dahulu. Tapi yang pasti ada banyak kebun warga juga yang tersapu banjir. Luasannya masih kita pastikan terlebih dahulu,” tuturnya.

Dandim 1307/Poso Letkol Inf Catur Sutoyo. SE mengirimkan bantuan makanan siap saji ke lokasi banjir bandang. Foto : Istimewa

Saat ini warga membutuhkan sejumlah makanan pokok siap saja, air bersih serta obat medis. Untuk itu Dandim 1307/Poso Letkol Inf Catur Sutoyo. SE tengah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait guna menanggulangi bencana banjir diwilayahnya itu. (IkB/Penrem132)