Gempa Bolsel 6,6 SR Terasa Hingga Ke Banggai

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Gempa bumi sekira pukul 23.58 wib atau pukul 00.58 wita, Senin (20/1/2020) mengguncang wilayah Minahasa Peninsula atau 64 kilo meter Barat Daya Bolaanguki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Gempa di laut dengan kedalaman 9,5 kilometer itu berkekuatan 6,6 skala richter. Guncangan gempa terasa kuat hingga ke wilayah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

BMKG merilis gempa di laut itu tidak berpotensi tsunami sehingga warga tidak perlu panik. Hanya saja sejumlah warga di Kecamatan Bualemo dan Kecamatan Balantak mengaku merasakan guncangan gempa yang cukup kuat. Bahkan beberapa warga berhamburan keluar rumah walau kondisi di sana tengah hujan lebat.

“Alhamdullilah tidak apa-apa cuma memang terasa kuat guncangannya. Disini masih hujan tapi warga banyak yang sempat lari menyelamatkan diri,” kata Welly mengabarkan kondisi di Kecamatan Balantak.

Baca Juga  Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa

Hal senada disampaikan Isal Khan, menurutnya gempa itu terasa sangat kuat dan terasa hingga ke Wilayah Kecamatan Bualemo.

Kendati demikian belum ada kabar atau data mengenai adanya kerusakan atau korban jiwa di wilayah Kabupaten Banggai. (IkB)