Deteksi Cepat Covid-19, Dinkes Banggai Pesan 1.000 TCM dan 4.000 Rapid Tes

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Upaya percepatan mendeteksi adanya orang terpapar corona virus desease (covid-19) di wilayah Kabupaten Banggai terus dilakukan pemerintah. Bahkan saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai telah melakukan pemesanan 4.000 rapid tes dan 1000 TCM untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Banggai. Hal itu diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, dr. Anang S Otoluwa, Rabu (15/4/2020) kepada wartawan.

“Kita sudah pesan 4.000 rapid test, kita juga akan adakan 1.000 TCM. Sejauh ini sudah ada 220 rapid tes yang sudah ada dan siap digunakan.” kata dr Anang.

Dijelaskan Kadinkes Banggai, Rapid tes adalah tes cepat dengan melakukan pemeriksaan terhadap antibodi. Sedangkan Tes Cepat Molekuler (TCM) lebih pada tes anti gen virus. Kedua alat tes cepat tersebut akan diadakan untuk secepat mungkin dapat mengindentifikasi penyebaran virus di Kabupaten Banggai.

Baca Juga  1,7 Kg Sabu di Musnahkan, Polda Sulteng Selamatkan Masyarakat 14.217 Orang

“Saat ini sudah kita dianggarkan Rp1,4 miliar, kita sudah adakah APD dan beberapa rapid tes. Setelah ada penambahan, kita tambah lagi rapid tes kita,” katanya.

Kedepan jika memungkinkan Dinas Kesehatan akan melakukan tes massal kepada masyarakat, khususnya mereka yang dalam status orang beresiko atau yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah yang terpapar Covid-19.

Ia bahkan menyarankan, jika kedepan ada pihak-pihak yang ingin menyumbangkan kelebihannya dalam upaya mencegah penyebaran covid-19, alat yang penting untuk disumbangkan adalah rapid tes. Karena jika jumlah rapid test banyak, maka pemeriksaan massal akan lebih bisa dilakukan.

“Biasa ada yang ingin menyumbang APD, namun sulit untuk mendapatkan. Kalau saya sarankan, jika sulit mendapatkan APD, lebih baik ganti dengan rapid tes, itu juga sangat dibutuhkan,” pungkasnya.  (gt)