Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan Menyalurkan BLT DD Tahap VII dan VIII Tahun 2020

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Sesuai Peraturan Menteri Desa ( Permendes ) nomor 14 tahun 2020, tentang kelanjutan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) yang diperuntukan bagi Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) di seluruh desa yang ada di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan ( Bangkep ), yakni Penyaluran BLT DD tahap VII, VIII dan IX peruntukan bulan oktober, november dan desember 2020. Diketahui, bahwa penyaluran BLT DD tahap I ( pertama ) sampai tahap VI ( enam ) sesuai Peraturan Menteri Keuangan ( PMK )  nomor 50 tahun 2020, telah selesai disalurkan oleh semua Pemerintah Desa ( Pemdes ) di Kabupaten Bangkep, khususnya Pemdes yang ada di wilayah Kecamatan Totikum Selatan ( Totsel ).

Untuk proses kelanjutan penyaluran BLT DD sesuai Permendes nomor 14 tahun 2020 yakni BLT DD Tahap VII ( tujuh ) dan tahap VIII ( delapan ) peruntukan bulan oktober dan november, Pemdes Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan telah menyalurkan BLT DD tahap VII dan VIII peruntukan bulan november 2020, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Desa Kalumbatan pada hari sabtu, (21/11/2020).

Apriyanto Pamolango, S.STP selaku Plt. Camat Totikum Selatan pada kesempatan dalam kegiatan  tersebut oleh awak media telah mengkonfirmasi Via Handphon ( WhatsApp ), mengatakan bahwa Desa Kalumbatan adalah salah satu Desa yang banyak penduduknya di wilayah Kabupaten Bangkep, dan merupakan Desa yang terbanyak jumlah Penduduknya dari 8 ( delapan ) Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Totikum Selatan, dan pada hari ini telah menyalurkan BLT DD tahap ke VII dan VIII.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Polsek Toili Limpahkan Kasus Cabul

Olehnya itu, kami selaku Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras dari Pemdes Kalumbatan dalam proses penyaluran BLT DD ini walaupun agak sedikit keterlambatan, namun upaya dan kerja keras mereka sehingganya penyaluran BLT DD dapat berlangsung dengan hikmat, lancar dan aman.

Bagi KPM BLT DD ini, harus berterima kasih kepada Pemerintah yang telah berupaya membantu ekonomi masyarakat dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19. Para penerima manfaat juga berterima kasih kepada Pemdes Kalumbatan yang telah menjalankan program Pemerintah sesuai Permendes No. 14 tahun 2020. Dimana Pemdes Kalumbatan telah mengorbankan/mengkesampingkan program Desa yang harus di prioritaskan dalam pembangunan di Desa, oleh karena kepentingan masyarakat yang diutamakan dalam membantu perekonomian pada masa situasi Pandemi Covid-19.

Penyaluran secara simbolis kepada KPM BLT DD di Desa Kalumbatan sebanyak 281 KK, dengan masing-masing KK menerima Rp 600.000,- ( Enam Ratus Ribu Rupiah ) peruntukan bulan oktober dan november 2020, dengan jumlah keseluruhan @ Rp 600.000 X 281 KK total sebesar Rp. 168.600.000.

Dengan diterimanya BLT DD ini, kepada KPM agar benar-benar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pokok sehari-hari, dan jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Pemerintah Desa telah berupaya agar KPM BLT DD di Desa Kalumbatan ini benar-benar dapat bantuan. Sebab tidak semua desa di Kabupaten Bangkep dapat menerima BLT DD lanjutan sesuai Permendes, hanya 70 persen Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan yang menerima BLT DD peruntukan bulan oktober, november dan desember 2020. Alhamdulillah sebanyak 8 Desa Se-Kecamatan Totikum Selatan untuk menerima BLT DD di lanjutan sampai bulan desember 2020 sesuai dengan Permendes No. 14 Tahun 2020.

Baca Juga  Pandemi Covid-19 Mengkhawatirkan, Ketua DPRD Sulteng Sampaikan Enam Poin Penting

Tak henti-hentinya kami selaku Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Totikum Selatan,  menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Totikum Selatan, khususnya di Desa Kalumbatan ini, agar selalu mematuhi Protocol Kesehatan ( Protkes ) sesuai Perbup Bangkep No. 23 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum Protkes. Masyarakat harus menjalankan Protkes melalui 4 M yakni Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker kemanapun pergi dan berada, selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan massa. Jagalah kebersihan diri masing-masing dan kebersihan lingkungan setempat, agar kita dapat terhindar dari bencana virus corona ini.

Kami juga menyampaikan kepada masyarakat di DesaTobungku ini, bahwa 26 hari lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, kami dari Pemerintah Kecamatan Totsel mengharapkan partisipasi dari masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya untuk kepentingan bersama dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur betul-betul tinggi. Ingat, apapun pilihannya atau siapapun pemenangnya, kita jangan berbeda-beda.

Jangan karena beda pilihan kita tidak saling menyapa satu sama lainnya. Politik itu biasa dan memang inilah dinamika politik. menang kalah  itu soal biasa. Tapi, jangan karena beda pilihan dalam politik kita hilangkan budaya silaturahmi, tetap kita harus menjaga budaya silaturahmi sesama kita. Walaupun berbeda-beda warna dalam pilihan, tapi kita tetap satu. Ingat, semboyan atau moto dari negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika, yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Baca Juga  Ketua PKK Sulteng Bagikan Bantuan Suplemen Ke Nakes

Harli Masenge, S.Pd., M.Si selaku Kadis Dukcapil Kabupaten Banggai Kepulauan dalam kesempatan kegiatan tersebut, juga mengatakan bahwa dalam pembuatan administrasi kependudukan berupa KTP, Kartu Keluarga dan Akte kelahiran oleh Disdukcapil untuk Desa Kalumbatan pada sekitar 2 bulan yang lalu, untuk hari ini dalam kesempatan yang sama dirangkaian dengan kegiatan penyerahan BLT DD. 

Olehnya itu, administrasi tersebut kami serahkan hari ini dengan secara simbolis kepada Kepala Desa Kalumbatan, dan selanjutnya  disampaikan dan ditindak lanjuti kepada masyarakat pemilik administrasi kependudukan.

Dan diharapkan bagi masyarakat yang belum memiliki Administrasi Kependudukan, agar membuatnya dan akan difasilitasi oleh Disdukcapil Kabupaten Banggai Kepulauan dengan turun langsung ke Desa untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, sehingga seluruh masyarakat dapat memiliki Administrasi Kependudukan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain : Harli Masenge, S.Pd., M.Si ( Kadis Dukcapil Banggai Kepulauan ), Plt. Camat Totikum Selatan, Ipda Rudi ( Kapolsek Totikum ), Serma J. Ferry ( Babinsa/Danpos Totikum dan Totsel ) Koramil 1308-10/Salakan, Bripka Harmawansyah ( PS. Kanit Intelkam Polsek Totikum ), Dedi Alpon Usman, SH ( Kades Kalumbatan ), Ketua BPD bersama anggota BPD Kalumbatan, para anggota perangkat Desa Kalumbatan dan Para Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD. (MjB/Rls)