Danrem 132 Tadulako Pimpin Pencanangan ZI Menuju WBK dan WBBM

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Korem 132 Tadulako pada Rabu (17/3/2021) menyelenggarakan pencanangan zona integriras (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan yang dipimpin oleh Danrem 132 Tadulako Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf itu dihadiri oleh seluruh Komandan Kodim jajaran Korem Tadulako dan disaksikan oleh Gubernur Sulteng melalui Sekprov, Anggota DPR Provinsi Sulteng serta sejumlah pejabat lainnya.

Danrem 132 Tadulako kepada media ini mengatakan, pencanangan zona integritas (ZI) di instansi pemerintah yang pimpinannya itu agar mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu kata Brigjen TNI Farid Makruf, tujuan utama dalam pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM adalah untuk pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Termasuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan untuk memberi kepuasan kepada pemangku kepentingan.

Baca Juga  Polsek Toili, TNI dan Satgas Covid Gerak Cepat Penyemprotan Densifektan, Guna Tekan Penambahan Angka Covid 19

Pencanganan ZI WBK dan WBBM itu kata Danrem, merupakan kegiatan yang menunjukkan keseriusan dan kemauan dari unit kerja untuk melakukan perubahan pada jajarannya menuju WBK/WBBM, sebagai titik awal dimulainya pembangunan Zona integritas hingga tercapainya WBK/WBBM, meliputi kegiatan Eksternal dengan melaksanakan pencanangan zona integritas yang disaksikan oleh Instansi, Kementerian/Lembaga, Forkopimda, tokoh masyarakat, Tokoh agama serta dipublikasikan.

Termasuk kegiatan Internal dengan melaksanakan penandatanganan pakta integritas antara kepala satuan kerja dengan jajaran struktural dibawahnya, malakukan penandatangan pakta integritas antara jajaran struktural dalam satuan kerja dengan petugas pelayanan publik, komitmen tidak memungut biaya diluar ketentuan, tidak diskriminasi, tidak melaksanakan gratifikasi (yang menerima dan memberi mendapatkan saksi) juga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga  RSUD Trikora Salakan Akan Melaksanakan Pemusnahan Penghapusan Perbekalan Farmasi

“Kegiatan hari ini kami mencanangkan program Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi, dengan pencanangan ini kami bertekad untuk melaksanakan birokrasi pemerintahan yang bersih. Kita akan berupaya memenuhi beberapa indikator yang ditentukan sebagai ketentuan untuk menjadi wilayah zona bersih bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata Farid Makruf.

Implementasinya yakni perektrutan pejabat yang terbuka merekrutmen para prajurit secara terbuka, akuntabilitas dan sebagainya. Kami juga berharap kontrol dari rekan-rekan media dan masyarakat sehingga kita senantiasa bisa menjaga wilayah intgeritas ini tetap terjaga.

“Kalau ada pelanggaran dari anggota atau sesuatu yang tidak wajar dari korem ini silahkan informasikan kepada kami untuk selanjutnya akan kami benahi, itu saja,” tambah jenderal satu bintang ini.

Baca Juga  Gerakan Berbagi Untuk Warga Sebar Ribuan Paket Sembako di Kota Palu

Danrem juga telah memperingatkan kepada jajarannya untuk berkomitmen mendukung dan menjalankan pencanangan ZI WBK dan WBBM itu. Menurutnya siapapun anggotanya yang melakukan pelanggaran maka akan ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (IKB)