Bupati Bangkep Pimpin Pengambilan Sumpah dan Janji Dua Anggota BPD PAW Desa Kalumbatan

oleh -

Berharap Masyarakat Bersinergi Membangun Daerah dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Pandemi Covid-19 di Bangkep

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D Adam pada Rabu (24/2/2021) memimpin langsung pengambilan sumpah dan janji dua anggota Badan Permusyawartan Desa (BDP) Desa Kalumbatan, Kecamatan Totikum Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Rakyat Desa Kalumbatan itu dihadiri juga oleh Camat Totikum Selatan, Kepala Dinas PMD Bangkep Serta Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Slkn

Dua anggota BPD yang diambil sumpah dan janjinya itu merupakan Pengganti Antar Waktu (PAW) periode tahun 2020-2026 itu yakni Bustamin H Nasief dan Dedi Kurniawan yang menggantikan Darwin Kamindang dan Yuliana Bahmid yang mengundurkan diri karena ada kepentingan lain.

Usai memimpin pelaksanakan sumpah dan janji jabatan BPD PAW Desa Kalumbatan itu, Bupati menyampaikan sambutan yang pada intinya mengucapkan selamat kepada para anggota BPD Desa Kalumbatan yang barusan di lantik. Menurut Rais D Adam, sumpah dan janji yang barusan di ucapkan tidak hanya disaksikan oleh manusia tapi yakinlah juga disaksikan oleh Allah. Dengan adanya sumpah dan janji ini Ia berharap proses pemerintahan dapat berjalan di rel yang dikehendaki oleh aturan.

Di usianya yang ke 63 tahun ini, kata Raid D Adam, telah di isi dengan banyak garam pengalaman, Ia menyebutkan kondisi sekarang pastinya berbeda dengan situasi pada masa lampau, namun bisa dijadikan pembanding. Dahulu katanya tidak ada penyakit atau virus corona namun sekarang sudah ada. Manun demikian dengan meminimalisir dan menidakan corona ini perlu adanya saling sinergi dan bahu-membahu antar pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga  ESSA PT Panca Amara Utama Kembali Gelar Vaksinasi Tahap Kedua Untuk Karyawan dan Masyarakat Sekitar

Rais D Adam juga berpesan masyarakat tetap mempedomani 3M agar terhidar dari corona dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 termasuk 3T yakni Tracing, Testing, Treatment. Bupati juga menyebutkan saat ini tengah dilakukan vaksinasi dimana tahapannya telah dimulai melalui tenaga kesehatan dan TNI/Polri. Ia juga mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mensukseskan vaksinasi untuk masyarakat.

“Saya berharap kepada semua pihak di Desa Kalumbatan yang merupakan desa kelahiran saya, agar seluruh masyarakat saling bahu membahu untuk memproteksi agar terhindari dari Corona. Tetap pedomani dan laksanakan 3M dan 3T InshaAllah kita semua terhidar dari virus ini,” katanya.

Camat Totikum Selatan Apriyanto Pamolango, S.STP pada sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang Rais D Adam di wilayah Kecamatan Totikum Selatan khususnya di Desa Kalumbatan yang juga desa tempat lahir pensiunan Polri berpangkat Kombes ini. Pido sapaan Camat Tosel juga mengucapkan permohonan maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan itu terdapat kekurangan.

“Mewakili pemerintahan kecamatan dan pemerintah desa dan masyarakat saya menyampaikan permohonan maaf kepada bapak bupati dan rombongan sekiranya dalam kegiatan ini terdapat kekurangan. Kepada dua anggota BPD yang baru diambil sumpah dan janjinya agar tetap menjaga amanah dan memengang teguh aturan, serta senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Khususnya tetap berpedemoan pada pelaksanakan pemerintahan yang baik dan benar,” kata Pido.

Baca Juga  Gubernur Sulteng Meminta BPR Ikut Peran Dalam Meningkatkan Perekonomian Dalam Penyaluran Kredit UMKM

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rahmat Labou, S.STP mengatakan, peresmian anggota BPD PAW Desa Kalumbatan, telah dilaksanakan melalui tahapan sesuai musyawarah internal BPD mendasari tatib BPD yang kemudian menentukan dan mengusulkan PAW yang disampaikan ke Camat untuk kemudian mengeluarkan SK berdasarkan kewenangan yang diberikan bupati.

Kadis PMD juga menyampaikan, BPD dalam pengambilan keputusan dan tertinggi adalah musyawarah desa, keputusannya kata Rahmat kolektif kolegia berdasarkan musyawarah rapat yang minimal di hadiri oleh 2/3 peserta rapat. Diakuinya banyak terjadi pertentangan pemerintahan antara pemerintahan desa dan BPD padahal itu adalah tindakan salah karena harusnya saling bersinergi dan harmonis dalam menjalankan roda pemerintahan sebagai perpanjangan tangan pemerintah kabupaten ditingkat desa.

“Seharusnya penyelesaian masalah desa diselesaikan secara internal desa, kami dalam hal ini bapak bupati sedang merancang adanya Perbup tentang forum komunikasi lembaga desa yang akan menyelesaikan seluruh persoalan desa, misalnya permasalahan aparat bisa diselesaikan ditingkat desa. Jika tidak selesai meningkat ke kecamatan dan bertahap dan berjenjang ke kabupaten. Semoga dengan adanya perbup itu akan menyelesaikan segala permasalahan,” sebut Rahmat Labou.

Baca Juga  Kapolsek Bulagi Gelar Patroli Ciptakan Kondisi Aman

Kegiatan yang dihadiri juga oleh Jamaludin, S.Sos., MM (Plt. Kaban Kesbangpol Bangkep), Kodratullah Labas, S.Pi (Plt. Kadis Perikanan Bangkep), bersama Staf, Elisabet Langitan, SH (Plt. Kasat Pol PP Bangkep), beserta 1 regu anggota Satpol PP, Serma J. Ferry (Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Slkn), mewakili Danramil 1308-10/Slkn, Bripka Basri (Bhabinkamtibmas Polsek Totikum), mewakili Kapolsek Totikum, Bripka Harmawansyah (Ps. Kanit Intel Polsek Totikum), Para perangkat Desa Kalumbatan dan anggota BPD Desa Kalumbatan serta para tamu undangan yang terdiri dari Tomas, Toga, Todat, Toda dan Tokoh Perempuan berjalan aman dan lancar.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan tanggul penahan gelombang air laut di Desa Kalumbatan dan peninjauan pembangunan mesjid Al-Hijrah Desa Kalumbatan, sekaligus istirahat makan siang bertempat di rumah warga Desa Kalumbatan.

Bupati pada hari itu didampingi Unsur Forkopimcam Totikum Selatan, menyerahkan bantuan 20 unit perahu ketinting terbuat dari Viber kepada 20 orang Nelayan, yakni 10 orang nelayan Desa Kalumbatan dan 10 orang nelayan Desa Lobuton. Tidak hanya 20 unit perahu ketinting, masing-masing nelayan diberikan juga bantuan pukat/jaring, senter dan mesin ketinting. (Arman Londomi/Arifin Imran/KabarLuwuk)