BPMD Bangkep Gelar Rapat Pedoman Penyusunan Anggaran Desa Aman Covid

oleh -

Kades Bisa Terbitkan Perkades Satgas Covid-19 Desa serta Gunakan Anggaran Dana Desa Dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Desa

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Upaya pencegahan penyebaran pandemi covid-19 terus dilakukan pemerintah. Salah satu upaya yakni terbentuknya satgas di setiap desa yang diharapkan sebagai garda terdepan dalam memutus mata rantai pandemi ini. Olehnya itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banggai Kepulauan menggelar rapat pedoman penyusunan anggaran Desa Aman Covid.

Kepal Dinas PMD Rahmat Labou, S.STP. M.AP pada rapat itu menyampaikan beberapa hal yakni penanganan dan penanggulangan serta pencegahan covid-19 harus saling bersinergi. Peran desa katanya adalah ujung tombak dalam memutus mata rantai penyebaran corona ini. Olehnya itu desa melalui Peraturan Kepala Desa membentuk tim satgas covid-19. Seluruh tim yang masuk dalam satgas kata Rahmat Labou wajib memegang surat keputusan sebagai anggota satgas covid-19.

Baca Juga  Kapolsek Bulagi Gelar Patroli Ciptakan Kondisi Aman

Rahmat Labou juga menyampaikan, agar semua desa berkoordinasi dengan pihak kecamatan dalam hal ini camat sebagai pembina satgas. Ia juga meminta agar aparat keamanan seperti Babinkamtibmas dan Babinsa dilibatkan dan dimasukan dalam pembina satgas covid-19 termasuk pula bidan atau nakes yang ada di desa dalam penanganan dan pecegahan.

Desa Aman Covid melalui peraturan kepala desa kemudian membentuk satgas covid-19 dengan struktur bahwa Kades sebagai ketua satgas covid dan Ketua BPD sebagai wakil ketua satgas.

“Saya minta agar seluruh pihak dilibatkan dalam penanganan covid-19 ini dengan harapan desa aman covid benar-benar menjadi garda dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi corona ini. Lengkapi seluruh kelengkapan adminstrasi berupa peraturan kepala desa, surat keputusan desa, termasuk SK tim satgas covid yang ada di desa,” kata Kadis PMD Rahmat Labou.

Baca Juga  Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah Gelar Rapat Virtual Penanganan Covid 19 Bersama Pemerintah Pusat

Berkaitan dengan penganggaran, wajib kepala desa dan perangkat pendukungnya termasuk BPD mencantumkan rincian sesuai kebutuhan penanganan dan penanggulangan serta pencegahan covid-19 di masing-masing desa. Pendanaannya kata Kadis PMD Bangkep bisa diambil dari dana desa.

Nantinya Satgas covid-19 tingkat desa akan saling bersinergi dengan satgas covid kecamatan dan satgas covid kabupaten. Sehingga dengan adanya sinergitas dan kerjasama itu penanggulangan dan pencegahan pandemi covid-19 di Bangkep dapat berjalan sesuai harapan.

Para kepala desa serta BPD yang dimintai keterangannya menyambut baik adanya desa aman covid itu, mereka akan bersatupadu dengan satgas covid-19 kecamatan dalam upaya pencegahan penyebaran corona di masing-masing wilayahnya. (Arman Londomi/KL)