Antisipasi dan Pencegahan Corona Covid-19, Korem 132/Tadulako Dirikan Tenda Isolasi di Rumkit DR. Sindhu Trisno Palu

oleh -

KABAR LUWU, PALU – Kasus orang teridentifikasi positif virus Corona COVID-19 di wilayah Indonesia terus bertambah sampai saat ini tercatat ada 96 kasus positif Corona. Jumlah itu kian hari terus bertambah, maka pemerintah menginstruksikan agar diambil langkah antisipasi meluasnya penyebaran virus corona itu. Kepala BNPB sebagai Dansatgas bersama Pimpinan TNI mulai dari Panglima TNI, Kasad, Pangdam, Danrem sampai ke Satuan bawah mengambil langkah untuk mencegah bertambahnya pasien terjangkit virus corona tersebut.

Korem 132/Tadulako Dirikan Tenda Isolasi di Rumkit DR. Sindhu Trisno Palu.

Oleh karena itu Danrem 132/Tdl Kolknel Inf Agus Sasmita pada Sabtu (14/03/2020) langsung menggela rapat staf di Ruang Merah Putih Makorem 132/Tdl. Pada rapat itu Komandan Korem 132/Tdl memerintahkan kepada seluruh komandan Kadisjan jajaran Korem 132/Tadulako untuk mengambil langkah nyata di lapangan berupa penyiapan ruang isolasi mengantisipasi manakala ada yang terindikasi terjangkit Virus.

Menindaklanjuti hal itu Korem 132/Tdl, Danden Belang XIII/44-02/Palu, Denkesyah Palu bekerja sama dengan Dinkes Palu serta  Rumit DR. Sindu Trisno menyiapkan tenda  dengan segala fasilitas pendukungnya. Disana nantinya pasien terindikasi corona akan ditangani oleh tim medis dan selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit rujukan yang telah disiapkan oleh pemerintah Palu.

Baca Juga  Karyawan JOB Tomori dan Mitra Kerja Distribusikan 22 Ekor Sapi Qurban
Tenda Isolasi di Rumkit DR. Sindhu Trisno Palu yang didirikan Korem 132 Tadulako.

Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita yang dimintai keterangannya oleh media www.kabarluwuk.com melalui Kapenrem Kapten Inf Ahmad Jayadi membenarkan adanya rapat sekaligus pendirian tenda isolasi yang ditempatkan di Rumah Sakit Tentara tingkat III 13.06.01 DR Sindhu Trisno atau lebih dikenal dengan sebutan Rumkit Wirabuana itu.

“Saat ini sudah terpasang dua tenda dilengkapi fasilitas pendukung lainnya, berupa MCK. Satu tenda tempat isolasi dan satunya untuk perlengkapan dan perlatan medis,” kata Kapenrem kepada media kabarluwuk.com.

Bangsal pasien terpapar virus corona covid 19 dalam tenda isolasi yang disiapkan Korem 132 Tadulako.

Upaya pencegahan itu kata Kapenrem merupakan perintah pimpinan TNI AD bekerjasama dengan seluruh pihak terkait baik Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 13.04-02 Palu, Dinas Kesehatan, Rumkit, pihak lainnya termasuk rekan media.

Baca Juga  Kunker Bupati Banggai Pantau Langsung Empat Kecamatan Dalam Penanganan Covid 19

“Penyampaian Danrem jangan takut berlebihan, namun hindari tempat-tempat keramaian yang bersentuhan dengan orang banyak karena bisa saja terpapar virus corona. Penangana ini akan bersinergi dengan semua elemen. Mari sama-sama peduli dan mengantisipasi merebaknya wabah ini,” lanjut Kapten Ahmad Jayadi.

Fasilitas pendukung dalam tenda isolasi.

Kapenrem 132/Tadulako juga menyampaikan, Danrem Kolonel Inf Agus Sasmita berpesan agar warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan pribadi. Langkah pencegahan virus corna berupa sering mencuci tangan pakai sabun, gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang sert perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

 

Upaya pencegahan lainnya yakni berhati-hati kontak dengan hewan, rajin berolahraga dan istirahat cukup.  Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan dan jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak.

Baca Juga  Legenda Tano Sampaka

Sampai saat ini di wilayah Sulawesi Tengah menurut Kapenrem belum ada pasien yang dinyatakan positif terpapar corona covid 19. Hanya saja antisipasi dan pencegahan sedini mungkin harus dilakukkan. Adanya tenda isolasi itu katanya adalah salah satu upaya antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka Korem 132/Tadulako telah siap membantu melakukan penanganan bekerjasama dengan instansi dan elemen terkait. (IKB)