IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

JOB Tomori dan Pemerintah Kabupaten Banggai Bersinergi dalam Program Kampung Iklim

747
×

JOB Tomori dan Pemerintah Kabupaten Banggai Bersinergi dalam Program Kampung Iklim

Sebarkan artikel ini
Proklim yang digagas JOB Tomori melibatkan 17 desa di sekitar area operasi, tersebar di Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong
Proklim yang digagas JOB Tomori melibatkan 17 desa di sekitar area operasi, tersebar di Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong

KABAR  LUWUK  – JOB Tomori dan Pemerintah Kabupaten Banggai Bersinergi dalam Program Kampung Iklim. Dalam upaya mendukung program nasional mengurangi emisi gas rumah kaca dan beradaptasi terhadap perubahan iklim, Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) mempelopori pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Banggai. Inisiatif ini dijalankan melalui kerjasama erat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sabtu 22/6/2024.

Proklim yang digagas JOB Tomori melibatkan 17 desa di sekitar area operasi, tersebar di Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong. Berdasarkan verifikasi awal dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim (BPPI) Wilayah Sulawesi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 11-16 Maret 2024, tujuh desa telah mencapai nilai Madya.

Sementara itu, sepuluh desa lainnya masuk tahap verifikasi lanjutan untuk mencapai nilai Proklim Utama. Pencapaian ini tertuang dalam surat BPPI nomor S.39/BPPI_SUL/TU/PPI.5.2/B/06/2024, yang mendasari surat dari Direktur Adaptasi Perubahan Iklim nomor S.80/API/PVAPI/PPI.5.1/B/05/2024.

Desa-desa yang lolos verifikasi lanjutan, yakni Desa Sinorang, Desa Paisubulol, Desa Masing, dan Desa Bonebalantak di Kecamatan Batui Selatan, serta Desa Sumberharjo, Desa Karanganyar, Desa Argomulyo, Desa Slametharjo, Desa Mulyoharjo, dan Desa Sidoharjo di Kecamatan Moilong, menunjukkan prestasi terbaik dibandingkan kabupaten lain di Indonesia. Hal ini mencerminkan kepedulian tinggi Pemerintah Kabupaten Banggai terhadap perubahan iklim.

Pada tahap verifikasi lanjutan yang berlangsung 12-15 Juni 2024, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai, Judi Amisudin, SH, MH, menyampaikan apresiasinya saat pembukaan kegiatan di Argo Wisata Burung Hantu Desa Simberharjo, Kecamatan Moilong.

Ia mengapresiasi upaya JOB Tomori yang telah mendorong desa-desa sekitar wilayah operasi untuk melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, sembari menciptakan kemandirian masyarakat dengan tetap menjaga nilai-nilai kearifan lokal.

“Pemda Banggai melalui DLH berkomitmen mendukung pemerintah desa dalam upaya lingkungan, sebagaimana tertuang dalam program Kampung Iklim ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!