IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Imigrasi Banggai Sosialisasikan Pencegahan TPPO di SMAN 3 Luwuk

227
×

Imigrasi Banggai Sosialisasikan Pencegahan TPPO di SMAN 3 Luwuk

Sebarkan artikel ini
Natali Marbun, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Banggai, yang memaparkan profil Kantor Imigrasi Banggai dan Ridwan Arifin, Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Banggai, menjadi pemateri ketiga yang membahas isu strategis dalam TPPO,
Natali Marbun, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Banggai, yang memaparkan profil Kantor Imigrasi Banggai dan Ridwan Arifin, Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Banggai, menjadi pemateri ketiga yang membahas isu strategis dalam TPPO

“Program Jaksa Masuk Sekolah

KABAR LUWUK  – Imigrasi Banggai Sosialisasikan Pencegahan TPPO di SMAN 3 Luwuk. Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai dan Kejaksaan Negeri Banggai turut serta dalam kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMA Negeri 3 Luwuk.

Acara ini dihadiri oleh para guru dan siswa-siswi SMA Negeri 3 Luwuk yang berlangsung dari jam 09.00 hingga 12.00 Wita. Selasa, 23 April 2024.

Acara dimulai dengan doa dan nyanyian Indonesia Raya serta Mars SMA N 3 Luwuk, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 3 Luwuk yang membuka kesempatan bagi para pemateri dari Kejaksaan Negeri Banggai dan Kantor Imigrasi Banggai untuk memaparkan beragam aspek terkait perdagangan orang.

Sarman Santosa Tandisa, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Banggai, menjadi pemateri pertama yang membahas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Ia menjelaskan definisi dan bentuk-bentuk tindak pidana perdagangan orang, serta menyoroti peningkatan kasus dalam lima tahun terakhir, khususnya terhadap kelompok rentan seperti perempuan dan anak-anak.

Materi kedua disampaikan oleh Natali Marbun, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Banggai, yang memaparkan profil Kantor Imigrasi Banggai.

Ridwan Arifin, Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Banggai, menjadi pemateri ketiga yang membahas isu strategis dalam TPPO, menyoroti peran penting pencegahan, termasuk pemahaman yang lebih baik tentang modus operandi dan tren baru TPPO terhadap korban WNI di Asia Tenggara, serta cara pencegahannya.

Acara ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tindak pidana perdagangan orang, tetapi juga memberdayakan para siswa untuk mengambil tindakan yang tepat jika mereka atau orang lain terlibat dalam situasi yang berpotensi membahayakan.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari program “Jaksa Masuk Sekolah” yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Banggai, menunjukkan komitmen mereka dalam mengedukasi masyarakat tentang masalah hukum yang relevan.

Kepala Kantor Imigrasi Banggai, Octaveri, memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan ini dalam rangka pencegahan TPPO yang komprehensif hingga ke hulu, serta berterima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, R. Wisnu Bagus Wicaksono atas inisiasi dan jalinan kerja sama yang strategis atas kegiatan ini.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Kanwil Kemenkumham, Hermansyah Siregar, menyampaikan rasa terima kasih atas inisiasi dan kerja sama antara Kantor Imigrasi Banggai dan Kejaksaan Negeri Banggai dalam kegiatan sosialisasi pencegahan TPPO di SMAN 3 Luwuk.

Tujuannya adalah agar generasi muda sadar akan hukum, memiliki tingkat kepatuhan hukum yang tinggi, serta mampu menghadapi ancaman kejahatan lintas batas.

Dengan antusiasme tinggi dari para peserta, acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang aktif dan foto bersama sebagai tanda kebersamaan dalam upaya pencegahan tindak pidana perdagangan orang.

Melalui kolaborasi antara Kejaksaan Negeri Banggai dan Kantor Imigrasi Banggai, harapannya pesan pencegahan TPPO dapat tersebar luas, terutama di kalangan generasi muda yang menjadi pilar masa depan bangsa.( Humas Kanim Banggai) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *