IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

GERCEP GASKAN BERDAYA, Wagub Sulawesi Tengah Serahkan Sejumlah Bantuan

1437
×

GERCEP GASKAN BERDAYA, Wagub Sulawesi Tengah Serahkan Sejumlah Bantuan

Sebarkan artikel ini
“Pemprov Sulawesi Tengah Serahkan 4 Unit Mobil Ambulance Ke Pemda Banggai
“Pemprov Sulawesi Tengah Serahkan 4 Unit Mobil Ambulance Ke Pemda Banggai

Wagub Sulawesi Tengah Serahkan 4 Unit Mobil Ambulance dan Peralayan Tangkap Nelayan Ke Pemda Banggai

KABAR LUWUK –  Bantuan Multisektor melimpah, Sulawesi Tengah Berdaya 2023. Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir, memimpin serangkaian kegiatan di Kabupaten Banggai, Selasa (28/11/2023).

Acara tersebut merangkai penyerahan bantuan simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Banggai, sekaligus peluncuran Program Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (GERCEP GASKAN BERDAYA).

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, menyambut baik kehadiran Wakil Gubernur dan rombongan dalam pelaksanaan Launching Program GERCEP GASKAN BERDAYA 2023 di Ruang Rapat Umum.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menggarisbawahi pentingnya upaya bersama dalam menanggulangi kemiskinan. “Penanggulangan kemiskinan merupakan kebijakan pemerintah yang dilakukan secara sistematis dan bersinergi dengan dunia usaha serta masyarakat,” ujar Bupati Amirudin.

Beliau menekankan bahwa penanganan kemiskinan bukan hanya prioritas pembangunan daerah, melainkan juga mendukung pencapaian pembangunan nasional dan Millennium Development Goals secara global.

Penduduk mayoritas di Kabupaten Banggai tinggal di daerah perdesaan dan berprofesi sebagai petani.

Oleh karena itu, pembangunan perdesaan menjadi prioritas utama dalam rencana pembangunan,” tambah Bupati Amirudin.

Dalam rangka mendukung upaya tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah memberikan bantuan secara simbolis melalui Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

Bantuan tersebut mencakup Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan, mobil ambulance, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), perahu dan tali rumpon, serta bibit durian musang king.

Bantuan Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan senilai 2.420.000.000 disalurkan kepada 242 keluarga penerima manfaat di berbagai kecamatan.

Selain itu, penyerahan 4 unit mobil ambulance, 4 unit PLTS, perahu dan tali rumpon kepada kelompok penerima manfaat, serta 3000 bibit durian musang king untuk pengembangan ekonomi lokal.

Seremoni penyerahan bantuan ini menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melibatkan berbagai sektor, bantuan ini tidak hanya menyentuh aspek ekonomi, tetapi juga pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur. Keberhasilan program GERCEP GASKAN BERDAYA diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banggai.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Ma’mun Amir mengapresiasi komitmen dan sinergi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Banggai.

Beliau menyatakan, “Kami berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Banggai. Program GERCEP GASKAN BERDAYA harus menjadi momentum positif untuk memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan.”

Bupati Amirudin turut menegaskan pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi kemiskinan.

“Bantuan yang diberikan tidak hanya bersifat konvensional, tetapi juga mengarah pada pemberdayaan masyarakat melalui berbagai sektor.

Hal ini sejalan dengan visi pembangunan daerah yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kemandirian masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Amirudin menyampaikan rencana implementasi bantuan secara optimal. “Kami akan melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan benar-benar memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat penerima.

Keterlibatan semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, menjadi kunci keberhasilan dalam upaya mengentaskan kemiskinan,” tambahnya.

Sebagai tindak lanjut, diharapkan adanya monitoring yang ketat dari pihak terkait guna memastikan bantuan benar-benar mencapai sasaran dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

Program ini menjadi contoh kolaborasi efektif antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan masyarakat dalam upaya bersama mengatasi tantangan kemiskinan di wilayah tersebut. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!