IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Gemilang di Bunta Expo 2024,Putra-Putri Desa Hion Pukau Penonton dengan Tarian Adat Banggai

745
×

Gemilang di Bunta Expo 2024,Putra-Putri Desa Hion Pukau Penonton dengan Tarian Adat Banggai

Sebarkan artikel ini
Gemilang di Bunta Expo 2024: Putra-Putri Desa Hion Pukau Penonton dengan Tarian Adat Banggai
Gemilang di Bunta Expo 2024: Putra-Putri Desa Hion Pukau Penonton dengan Tarian Adat Banggai

KABAR LUWUK Gemilang di Bunta Expo 2024,Putra-Putri Desa Hion Pukau Penonton dengan Tarian Adat Banggai. Desa Hion kembali mengukir prestasi di Bunta Expo 2024 dengan penampilan memukau para remaja yang berhasil mencapai babak final pagelaran seni budaya.

Dengan menampilkan kolaborasi tarian daerah, para remaja Desa Hion sukses menarik perhatian ratusan penonton di Lapangan Hijau, Bunta.

Setelah tampil memukau pada Selasa malam (28/5/2024), Sabtu malam (8/6/2024) menjadi panggung kedua bagi putra-putri Desa Hion untuk memperlihatkan bakat seni mereka.

Suasana di lokasi Bunta Expo begitu meriah, dengan ratusan pasang mata tertuju pada penampilan mereka yang begitu memukau.

Penampilan kali ini terasa istimewa dengan tambahan gerakan baru yang masih berada dalam lingkup tarian tanah Banggai.

Diiringi dengan riuh sorak-sorai penonton yang penuh kegembiraan, para remaja Desa Hion tampil memukau dengan Tari Babasal, yang merupakan kolaborasi dari tiga tarian daerah Kabupaten Banggai.

Mereka mengenakan baju adat berwarna kuning hitam yang menambah keanggunan dan kekompakan dalam setiap gerakan.

Kelima tarian khas Kabupaten Banggai yang ditampilkan meliputi:

  1. Tari Umapos: Visualisasi gerak tari perang dari para pemberani suku Saluan.
  2. Tari Molabot Tumbe: Mengisahkan tentang burung Maleo, satwa endemik yang wajib dilestarikan di tanah Banggai.
  3. Tari Montolutusan: Mengusung tema kearifan lokal yang berbudaya, sesuai adat istiadat setempat.
  4. Tari Putri Balantak: Diciptakan sebagai penghargaan untuk Putri Ili Doda yang mengorbankan diri untuk masyarakat Balantak.
  5. Tari Putri Banggai: Menceritakan tentang seorang putri yang berbudi pekerti luhur dan bijaksana.

Setiap gerakan dalam kolaborasi tari ini menjadi satu kesatuan yang harmonis, mencerminkan kekayaan budaya Kabupaten Banggai.

Tak heran jika penonton merasa kagum dengan penampilan para remaja Desa Hion yang berhasil mengguncang panggung utama Bunta Expo 2024.

Keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan mantan Sekretaris Desa Hion, Nurhayati Karim, yang berperan sebagai pembina para penari.

Kepala Desa Hion, Naufal Mustamin, yang bertindak sebagai penanggung jawab peserta, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para remaja yang telah menampilkan yang terbaik. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Hion yang telah memberikan dukungan penuh.

“Ini adalah prestasi yang membanggakan bagi kita semua. Terima kasih kepada seluruh remaja yang telah berlatih keras dan seluruh masyarakat Desa Hion yang selalu memberikan support. Semoga keberhasilan ini dapat memotivasi kita untuk terus melestarikan budaya Banggai,” ujar Naufal Mustamin.

Penampilan gemilang putra-putri Desa Hion di Bunta Expo 2024 ini tidak hanya mengharumkan nama desa mereka, tetapi juga turut melestarikan kekayaan budaya daerah yang patut dibanggakan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!