IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Festival Mombowa Tumpe 2022  Dibuka Bupati Banggai

198
×

<strong>Festival Mombowa Tumpe 2022  Dibuka Bupati Banggai</strong>

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai, Ir.H. Amiruddin Tamoreka, MM Saat membuka Acara Mombewa Tumpe 2022

KABAR LUWUK, BANGGAI  – Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M, membuka kegiatasn Festival Mombowa Tumpe tahun 2022 di Kecamatan Batui Kabupaten Banggai,  Minggu malam 27/11/2022.

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan selayang pandang/histori/riwayat Kecamatan Batui yang dibacakan oleh Sekcam Batui .

Bupati Banggai Ir. H. Amiruddin Tamoreka, MM sanggat terharu ketiaka mendengar pembacaan sejarah panjang histori perjalanan serta riwayat  Kecamatan Batui.

Bupati Banggai dalam sambuatanya mengucapkan Dirgahayu yang ke 715 untuk kecamatan Batui, ulang tahun ini dimulai terhitung sejak adanya pemerintahaan di Batui, sebelum kemerdekaan,terkuak bahwa pemerintahaan di Batui sudah ada yang pimpin oleh para Bosanyo. Harapan kita kata Bupati dalam sambutannya, berharap ke depan Batui ini semakin baik, semakin maju, dan semakin sejahtera. “Kita akan melihat lagi perkembangan-perkembangan baru yang ada di Kecamatan Batui dan Kecamatan Batui Selatan. Sekiranya ada-desa-desa yang bisa dimekarkan, ini akan dimekarkan. Insya Allah dalam waktu dekat, Kecamatan Toili Jaya akan kita mekarkan,” papar Bupati. Ini hanya semata-mata untuk kemajuan desa dan kecamatan.

Sehubungan dengan kegiatan ini kata Bupati, ini adalah budaya yang sudah mendarah daging. Ini harus tetap kita tingkatkan, jangan pernah kita tinggalkan. “Perjuangan para leluhur kita sangat luar biasa,” ungkapnya.

Setelah membuka kegiatan Mombowa Tumpe Tahun 2022 secara resmi, Bupati H. Amirudin meninjau stand pameran yang diisi oleh desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Batui. Sebelumnya Bupati Amirudin dan undangan lainnya serta warga masyarakat Batui dan sekitarnya yang memadati lapangan dihibur dengan pertunjukan tarian adat seperti Tari Molabot, Umapos, dan Tari Salendeng.

Disaat mengunjungi stand pameran yang memamerkan hasil produk lokal yang dihasilkan para pelaku UMKM di desa/kelurahan, Bupati juga membeli beberapa produk olahan tersebut.

Kegiatan Festival Mombowa Tumpe yang dibuka oleh Bupati Banggai tersebut, direncanakan akan berlangsung hari ini tanggal 27 November sampai dengan tanggal 2 Desember 2022.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!