IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

DSLNG Sukses Menuntaskan Program Pemagangan Operator 2023, Membangun Talenta Lokal Untuk Industri LNG

193
×

DSLNG Sukses Menuntaskan Program Pemagangan Operator 2023, Membangun Talenta Lokal Untuk Industri LNG

Sebarkan artikel ini
PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) akhirnya menuntaskan Program Pemagangan Operator atau Operator Program Apprenticeship (OPA) 2023 dengan acara sederhana diikuti oleh jajaran manajemen DSLNG dan Pemerintah Kabupaten Banggai
PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) akhirnya menuntaskan Program Pemagangan Operator atau Operator Program Apprenticeship (OPA) 2023 dengan acara sederhana diikuti oleh jajaran manajemen DSLNG dan Pemerintah Kabupaten Banggai

KABAR LUWUK  – DSLNG Sukses Menuntaskan Program Pemagangan Operator 2023, Membangun Talenta Lokal Untuk Industri LNG. PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) akhirnya menuntaskan Program Pemagangan Operator atau Operator Program Apprenticeship (OPA) 2023 dengan acara sederhana diikuti oleh jajaran manajemen DSLNG dan Pemerintah Kabupaten Banggai yang diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ernaini Mustatim di Luwuk, Senin (19/2/2024).

Program yang berjalan selama setahun ini diikuti delapan peserta yang kesemuanya dinyatakan lulus dan berkompeten. Sebelumnya, para peserta terpilih dari proses seleksi yang panjang.

Di mana dari 60 pendaftar program ini, terpilih delapan peserta yang lulus hingga tahap akhir. Dalam program pemagangan ini, para peserta berhasil memenuhi 2.054 jam magang, di mana 248 jam diisi dengan teori, dan 1.806 jam diisi dengan kegiatan praktek langsung di Kilang DSLNG di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Sebelum melakukan kegiatan magang di Kilang DSLNG, para peserta mendapatkan pelatihan di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu yang bekerja sama langsung dengan DSLNG.

Dalam pelaksanaan magang, para peserta OPA memahami hal-hal terkait dengan melakukan operasi produksi yang aman, mengendalikan sistem pasokan gas, mengendalikan proses produksi dalam hal pemisahan fraksi-fraksi LNG, LPG dan kondensat, mengendalikan penyimpanan LNG dan kondensat, serta pemuatannya ke kapal LNG. Serta hal-hal non-teknis seperti mampu bekerja sama dalam kelompok, menyelesaikan permasalahan teknis, dan berkomunikasi dengan tim kerja lainnya.

Operation Director DSLNG Betantyo Madyantoro dalam sambutannya menyebutkan, DSLNG bertekad mengembangkan bakat, potensi, dan keterampilan pekerja untuk mencapai level optimal berdasarkan kompetensi inti, khususnya di bidang operasional kilang untuk menjadi salah satu kilang LNG kelas dunia yang aman dan andal.

“Kami sangat berterima kasih dengan program OPA ini. Kami mendapatkan kesempatan untuk belajar dari pihak-pihak yang memang ahli dan dengan fasilitas lengkap yang sangat mumpuni. Belum lagi fasilitas pribadi yang disiapkan DSLNG yang sangat menunjang kegiatan magang kami.

DSLNG sangat memberikan dampak positif bagi kami anak-anak daerah Kabupaten Banggai yang mengikuti program ini,” ungkap Mutmainnah, peserta OPA dari Luwuk Selatan.

Sejak dimulai pada 2021, program OPA DSLNG telah meluluskan tiga angkatan, di mana keseluruhan peserta OPA dari angkatan pertama hingga angkatan ketiga sebanyak 20 orang.

OPA telah menjadi kesempatan emas bagi putera-puteri Kabupaten Banggai dengan latar belakang pendidikan teknik yang sesuai untuk mendapatkan pelatihan dan merasakan pengalaman menjadi operator di Kilang DSLNG yang menjadi bekal utama berkarir di industri migas, khususnya di kilang LNG. Sebagian besar lulusan OPA bahkan telah menjadi bagian dari tim DSLNG saat ini. ( Humas DSLNG ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!