IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

DSLNG Gelar Penutupan OPA 2023, 8 Putra dan Putri Banggai Selesaikan Pemagangan

262
×

DSLNG Gelar Penutupan OPA 2023, 8 Putra dan Putri Banggai Selesaikan Pemagangan

Sebarkan artikel ini
DSLNG Gelar Penutupan OPA 2023, 8 Putra dan Putri Banggai Selesaikan Pemagangan
DSLNG Gelar Penutupan OPA 2023, 8 Putra dan Putri Banggai Selesaikan Pemagangan

KABAR LUWUK – Pada tahun 2023, sedikitnya delapan putra dan putri Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, menyelesaikan Operator Program Apprenticeship (OPA) atau program pemagangan operator di PT Donggi Senoro LNG (DSLNG).

Mereka dinyatakan lulus dan kompeten setelah mengikuti beberapa pelatihan selama satu tahun, mulai dari 6 Februari 2023, hingga 7 Februari 2024. Para peserta OPA 2023 berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Banggai,

DSLNG Gelar Penutupan OPA 2023, 8 Putra dan Putri Banggai Selesaikan Pemagangan

Pemuda dan pemudi Banggai yang berhasil menyelesaikan program OPA itu yakni Anggun Ainun asal Kecamatan Batui (Universitas Islam Malang), Hendy Hendrawan Latuba asal Kecamatan Luwuk Utara (Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta), Moh Ishak Sidjong asal Kecamatan Kintom (Universitas Tompotika Luwuk), Jerista Tumba Ruru asal Kecamatan Moilong (STT Migas Balikpapan), Muhammad Akhriz Riansyah asal Kecamatan Luwuk (Universitas Muhammadiyah Luwuk), Mutamainnah asal Kecamatan Luwuk Selatan (Universitas Hasanuddin Makassar), Muh Farhan Basrewan asal Kecamatan Luwuk (Universitas Pertamina Jakarta), dan Wicak Aji Santosa asal Kecamatan Luwuk (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta).

Penutupan OPA 2023 diadakan secara hybrid di Hotel Swiss Belinn Luwuk pada Senin (19/2/2024), Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banggai, Ernaini Mustatim.

Program OPA Sukses

Operation Director PT DSLNG, Betantyo Madyantoro, menjelaskan bahwa DSLNG telah melaksanakan program OPA sebanyak 3 kali, mulai tahun 2021 dengan total peserta hingga OPA 2023 mencapai 20 orang.

“Pada tahun 2021, kami menerima 6 peserta, di tahun 2022 6 peserta, dan di tahun 2023 8 peserta. Total seluruh peserta yang menyelesaikan program OPA sebanyak 20 orang,” ujarnya.

Para peserta magang kemudian ditempatkan sebagai “Operator Apprentice” dengan tugas dan tanggung jawab memberikan dukungan teknis di lapangan pada area operasi LNG untuk pembelajaran dan familiarisasi kilang LNG. Betantyo juga menginformasikan bahwa 5 peserta OPA 2021 saat ini telah bekerja sebagai Field Operator dan Permit to Work (PTW) Officer, yang berarti mereka telah terjun dan bekerja secara nyata sebagai operator LNG. Sementara itu, enam peserta OPA 2022 saat ini masih dalam skema On-the-Job-Training (OJT), sebagian besar di area Operasi LNG dan di area Engineering/Technical Services.

DSLNG Gelar Penutupan OPA 2023, 8 Putra dan Putri Banggai Selesaikan Pemagangan

Kadis Nakertrans Ernaeni pada kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat kepada para perserta OPA 2023 yang telah menyelesaikan program pemagangan hingga selesai. Kepada Manajemen DSLNG, pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimakasih atas peran serta perusahaan dalam menigkatkan sumberdaya manusia para pemuda dan pemudi yang ada di Kabupaten Banggai.

“Terpilihnya anak sekalian adalah suatu kebanggaan bagi orangtua dan daerah. Tidak sedikit pemuda dan pemudi di luar sana yang berharap dapat terpilih mengikuti program OPA ini. Selamat kepada para peserta OPA yang telah menyelesaikan program pemagangan selama satu tahun ini,” ucap Ernaeni.

Pada kesempatan itu, Ernaeni juga menyampaikan bahwa Disnakertrans dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan JOB Fair dan berharap DSLNG dapat kembali berpartisipasi pada kegiatan itu. JOB Fair adalah agenda Disnakertrans menyelenggarakan pameran lowongan pekerjaan yang melibatkan sejumlah pelaku usaha yang ada di daerah ini. (IKB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!