IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

DPMD Bangkep Maksimalkan Potensi Desa, Bimtek Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan BUMDes

284
×

DPMD Bangkep Maksimalkan Potensi Desa, Bimtek Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan BUMDes

Sebarkan artikel ini
DPMD Bangkep Gelar Bimtek Pengelolaan dan Peningkatan Kapasitas BUMDes Tahun 2024
DPMD Bangkep Gelar Bimtek Pengelolaan dan Peningkatan Kapasitas BUMDes Tahun 2024

KABAR LUWUK – DPMD Bangkep Maksimalkan Potensi Desa, Bimtek Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan BUMDes. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di Kabupaten Banggai Kepulauan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkep menggelar sebuah acara penting.

Pada hari Kamis, tanggal 2 Mei 2024, digelarlah Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta peningkatan kapasitas pengawas BUMDes.

Acara yang berlangsung di ruang rapat kantor Bappeda ini dihadiri oleh para Kepala Desa (Kades), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Sekretaris BUMDes dari seluruh Kabupaten Bangkep.

Turut hadir juga sejumlah tokoh penting seperti Pj. Bupati Bangkep Ihsan Basir SH.LLM, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Samsul Widodo, Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Nugroho Setijo Nagoro, serta beberapa analis kebijakan dan keuangan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Ihsan Basir menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan BUMDes di Kabupaten Bangkep.

Ia juga memberikan apresiasi kepada panitia dan seluruh pihak yang terlibat dalam terselenggaranya acara ini.

Bupati menjelaskan bahwa Bimtek ini sangat penting dalam meningkatkan pemahaman pengelolaan BUMDes, termasuk tata cara pengurusan dan pengelolaan yang benar.

Dalam kerangka peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang BUMDes, badan usaha ini didirikan untuk menjalankan berbagai usaha dan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat desa.

Lebih lanjut, Bupati menggarisbawahi pentingnya peran BUMDes sebagai roda perekonomian masyarakat desa. Dia mendorong para pengelola BUMDes untuk aktif mencari informasi dan belajar dari BUMDes lain yang telah sukses dalam pengelolaannya. Pengelolaan BUMDes harus mengedepankan profesionalisme agar dapat terus berkembang dan berinovasi.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka dalam mengelola BUMDes. Selain itu, diharapkan pula bahwa BUMDes di Kabupaten Bangkep dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa, serta menjadi salah satu instrumen dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dengan demikian, kegiatan Bimtek ini tidak hanya menjadi ajang untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mengoptimalkan potensi desa untuk kesejahteraan bersama. Semoga hasilnya dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat desa di Kabupaten Bangkep. (RSM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!