IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Danramil 1308-01/Luwuk Ikuti Rakor  Tim Tehknik Terkait Keringnya Sungai Soho, Begini Pembahasnya !

286
×

Danramil 1308-01/Luwuk Ikuti Rakor  Tim Tehknik Terkait Keringnya Sungai Soho, Begini Pembahasnya !

Sebarkan artikel ini

“Tim Langsung turun Tinjau Lokasi Cari Penyebab Keringnya Sungai Soho”

KABAR LUWUK, BANGGAI  –  Pemerintah Kecamatan Luwuk bersama unsur Fokopimcam Kecamatan Luwuk gelar rapat koordinasi tekhnik terkait guna mencari penyebab keringnya  sungai Soho, bertempat di ruang rapat kantor Kecamatan Luwuk Jl. Letjen Sutoyo , Kelurahan Luwuk Kabupaten Banggai, Selasa 28/2/2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut , Irfan Milang ,S.Sos ,Camat Luwuk, Letda Inf Romel Kamea (danramil 1308-01/Luwuk),Iptu S.Kalasang (Panit 1 Binmas Mewakili Kapoksek Luwuk),Yahya S.hut ( Dinas Kehutanan ), Ferdi Sa Ajad (Direktur Tehnik PDAM), Sunarto lasitata (Kabag SDA) , Sekcam dan Lurah Soho, dan Keleke  dan Tim gabungan.

Dalam acara tersebut, Camat Luwuk Irfan Milang, S.Sos, menjelaskan bahwa kekeringan di sungai Soho belum dapat teratasi secara menyeluruh, dan saat ini pemerintah akan berupaya maksimal untuk mengatasinya.

“Agar dapat memenuhi kebutuhan air untuk berbagai jenis keperluan, misalnya untuk kebutuhan pokok rumah tangga, pertanian, perikanan, peternakan maupun industry, air cenderung menjadi benda yang diperebutkan oleh para penggunanya. Dampak yang ditimbulkan kekurangan debit air di sungai Soho ini bisa menyebabkan bencana kekeringan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Panit 1 Binmas Polsek Luwuk IPTU S. Kalasang mengatakan bahwa dalam fenomena sungai soho yang mengering beberapa waktu ini harus cepat ditanggulangi dengan melakukan penyelidikan bersama, penyebab terjadinya kekurangan bahkan kehabisan debit air di sumber mata airnya.

“Kita satukan persepsi dalam penanggulangan fenomena tersebut. Saat ini menjelang musim kemarau supaya dipersiapkan antisipasinya supaya bencana kekeringan dari Sungai Soho bisa diminimalisir,” ujarnya.

Hasil dari rapat tersebut yakni dibentuk dua tim gabungan dari beberapa pihak untuk bergerak cepat, dimana satu tim akan naik mengecek ke mata air sungai Soho dan dan tim lainnya menuju sumber mata air yang ada di Desa Tontouan. Terangnya.

Tim akan mengecek kembali sepanjang jalur pipa PDAM dan masyarakat agar tidak menyalahkan salah satu pihak, namun bisa duduk bersama untuk mencari solusi.

Selanjutnya  Sunarto lasitata, Kabag SDA  mengatakan  berdasarkan pengakuan  warga, dulu sungai Soho pernah mengalami  kekeringan tapi tidak separah saat ini. Ungkapnya.

Sementara  Letda Inf Romel Kamea ( Danramil 1308-01/Luwuk) menyampaikan bahwa Tim akan dibagi menjadi  2 team  dan bergerak pada  2 titik, 1 Team bergerak   mulai dari mata air  Desa Tontouan terus menyusuri Sungai, dan 1 Team  bergerak  dari  Sungai  Soho.,dan di harapkan  team  ini harus bekerja semaksimal mungkin sehingga  bisa menemukan apa penyebab keringnya  sungai Soho  yg sempat  Viral   beberapa waktu yg lalu.

“Kegiatan rapat  koordinasi tim teknik selesai pukul 10:00 wita dan  ke 2 team langsung turun  ke lapangan.” Ucap Danramil Luwuk.

Kesimpulan tim dari meninjau lokasi keringnya Sungai Soho terdiri dari keringnya sungai Soho ini karena debit air dari  sumber  mata air sudah mengecil   karena faktor alam oleh Tim.

Dari hasil pengecekan langs oleh team 1. gabungan  Instansi yang langsung turun di lokasi  bergerak mulai dari mata air Desa Tontouan  sampai di Sungai soho ini faktor alam,  karena dari mata air Desa Tontuan debit air masih banyak namun team ini bergerak terus  menyusuri  aliran sungai  dgn jarak Kurang lebih 2 km  semakin  ke bawah air semakin mengecil bahkan sampai di komplex  batu tikar air sudah tidak  ada ( sungai kering,   ). Terangnya ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!