IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAHKABAR POLITIK

Capaian Rendah! Komisi III DPRD Banggai Gagas Strategi Baru untuk Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

386
×

Capaian Rendah! Komisi III DPRD Banggai Gagas Strategi Baru untuk Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

Sebarkan artikel ini
Capaian Rendah! Komisi III DPRD Banggai Gagas Strategi Baru untuk Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah
Capaian Rendah! Komisi III DPRD Banggai Gagas Strategi Baru untuk Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

KABAR LUWUK -Capaian Rendah! Komisi III DPRD Banggai Gagas Strategi Baru untuk Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah. Komisi III DPRD Kabupaten Banggai gelar rapat kerja dengan organisasi perangkat daerah (OPD) membahas terkait realisasi pendapatan asli daerah (PAD) tahun anggaran 2023. Capaian PAD masih sangat rendah, dan hanya 7,76% dari target pada Triwulan ke-3. Sumber utama pendapatan adalah izin mendirikan bangunan (IMB) dan retribusi sewa alat berat dan laboratorium. Kamis 20/7/2023.

Rapat kerja dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Syafrudin Tjatjo dan dihadiri beberapa anggota Komisi III. Sedangkan OPD hadir hanya dalam bentuk perwakilan, termasuk Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Kesehatan. Sorotan utama pada rapat kerja adalah salah satu bank swasta di Kabupaten Banggai yang telah membangun kantor baru, tetapi IMB lama tetap berlaku. Hal ini menghambat potensi baru untuk meningkatkan PAD daerah.

Beberapa kendala yang dihadapi dalam mencapai target PAD pada Dinas PUPR adalah minimnya kesadaran masyarakat terkait pengurusan IMB, sosialisasi yang belum optimal untuk IMB rumah tinggal, kondisi alat berat yang rusak, tenaga mekanik yang terbatas, dan minimnya rekanan yang menyewa laboratorium.

Selama beberapa tahun terakhir, realisasi PAD Dinas PUPR tidak pernah mencapai target yang ditetapkan. Pada tahun 2020, terealisasi hanya 51%, tahun 2021 hanya 30,18%, dan tahun 2022 hanya 62,72%. Oleh karena itu, Komisi III DPRD meminta agar target Dinas PUPR di tahun 2024 disesuaikan dengan kondisi riil untuk mencapai peningkatan pendapatan.

Untuk meningkatkan capaian PAD, Komisi III DPRD Banggai menggagas strategi baru. Pertama, mengajukan penyesuaian target PAD Dinas PUPR pada tahun 2024 dengan kondisi riil yang ada. Kedua, meningkatkan sosialisasi pengurusan IMB, terutama untuk rumah tinggal, agar kesadaran masyarakat meningkat. Ketiga, melakukan perbaikan dan penggantian alat berat yang rusak untuk meningkatkan pendapatan dari sewa alat berat. Keempat, mencari lebih banyak rekanan yang bersedia menyewa laboratorium untuk meningkatkan pendapatan dari sumber ini.

Dengan strategi baru ini, diharapkan Pendapatan Asli Daerah Dinas PUPR Banggai dapat meningkat secara signifikan. Kehadiran Komisi III DPRD dalam rapat kerja bersama OPD menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan PAD dan mencapai target yang ditetapkan demi kemajuan Kabupaten Banggai. Penyesuaian dan implementasi strategi ini akan dibahas lebih lanjut pada rapat koordinasi bersama Bupati Banggai untuk mencapai hasil yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!