Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAHTerkini

Bupati dan Dandim 1308/LB Lepas Peserta Napak Tilas Patriotik Gelora Pagimana

1456
×

Bupati dan Dandim 1308/LB Lepas Peserta Napak Tilas Patriotik Gelora Pagimana

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI – Peringatan hari patriotik gelora Pagimana pada tahun ini memasuki tahun ke tiga. Pada peringatan itu digelar sejumlah kegiatan, salahsatunya yakni napak tilas yang dilepas langsung Bupati Banggai Herwin Yatim dan Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos, M.Tr.Han, M.I.Pol. Bertempat di lapangan Upacara Makodim 1308/LB Kelurahan Bungin Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, pada rabu (12/02/2020) sekira 350 peserta mengikuti kegiatan napak tilas itu.

Dandim 1308/LB kepada sejumlah awak media mengatakan, bahwa terkait dilaksanakan kegiatan Napak Tilas Patriotik ini bertujuan untuk mengenang kembali Perjuangan para Pemuda Pagimana, sebuah kota kecamatan dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Perjuangan ini selalu diperingati oleh masyarakat Pagimana, dimana hal ini sebagai suatu peristiwa patriotik yang akan terus diingat dan dikenang di Pagimana. Sebabnya pada tanggal 12 Februari 1942, sekelompok pemuda asal Pagimana bergerak ke kota Luwuk untuk merebut kembali  kekuasaan dari tangan pemerintah Hindia Belanda yang terdiri dari pribumi yang setia kepada Belanda maupun bangsa Belanda sendiri.

“Kegiatan Napak Tilas Patriotik Gelora Pagimana  merupakan suatu kegiatan mengenang kembali perjalanan sejarah perjuangan. Melalui semangat perjuangan yang diwariskan dapat dijadikan sebagai teladan bagi kita semua sebagai generasi penerus bangsa untuk memotivasi agar lebih bekerja keras lagi setiap tugas dan tangung jawab yang kita emban sehingga dapat mewujudkan pembangunan Bangsa ini,” kata Dandim 1308/LB.

Diharapkan kepada peserta dapat mengambil hikmat dibalik kegiatan ini, dan diikuti semua aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia atau penyelenggara. Nantinya para peserta napak tilas akan berjalan kaki dari Luwuk ke Pagimana sejauh kurang lebih 70 kilometer.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Banggai Drs. H. Mustar Labolo MM, Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo, Para Pimpinan OPD Kabupaten Banggai, Para Perwira Staf dan anggota Kodim 1308/LB, Danramil 1308-01/Luwuk Kapten Inf Supartono, Danposal Luwuk Letda Laut ( P ) Yusuf, Para Camat dan Lurah Kabupaten Banggai dan Para peserta Napak Tilas Patriotik Gelora Pagimana yang berjumlah sekitar 350 orang.

Menariknya para peserta napak tilas selain terdiri dari orang dewasa juga terlihat adanya sejumlah anak usia sekolah dasar. Mereka terlihat mengenakan pakaian dengan berbagai ornamen bernuansa perjuangan berwarna merah putih. (Marjuki Bayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *