IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Bupati Banggai Buka Kintom Expo dan Festival Pandanga, Dalam Rangka HUT Kecamatan Kintom Ke 62

266
×

Bupati Banggai Buka Kintom Expo dan Festival Pandanga, Dalam Rangka HUT Kecamatan Kintom Ke 62

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI – Festival Pandanga menjadi pembuka rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-62 Kecamatan Kintom. Bupati Amirudin dan Wakil Bupati Furqanuddin Masulili membuka secara resmi acara peringatan hari jadi Kecamatan Kintom di Lapangan Poto’utusan, Kecamatan Kintom, Minggu (5/2) malam.

Selain Festival Pandanga, selama sepekan ke depan masyarakat akan dihibur dengan sejumlah kegiatan lomba dan  pameran tradisional Kintom Expo yang mengangkat potensi lokal dan produk-produk unggulan dari desa/kelurahan di Kecamatan Kintom. Tak hanya itu, dinas yang mengurusi layanan dasar, seperti kependudukan dan layanan kesehatan, juga tampak membuka stan pelayanan di Kintom Expo.

Bupati Amirudin dalam sambutannya memuji antusiasme warga yang datang memadati Lapangan Poto’utusan. Semarak peringatan HUT Kintom diharapkan menjadi pertanda baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Ini pertanda bahwa pertumbuhan ekonomi di Banggai semakin membaik,” ujar Bupati Amirudin.

Pandemi Covid-19 diakui Bupati punya andil besar melemahkan ekonomi Banggai hingga di angka -4. Namun, seiring meredanya Covid-19 dan berakhirnya PPKM, pertumbuhan ekonomi Banggai tumbuh pesat menjadi 2,5. Di masa-masa kritis, kata Bupati, UMKM menjadi pendongkrak ekonomi rakyat. Untuk itu, Bupati menyambut baik penyelenggaraan Kintom Expo.

“Mudah-mudahan dengan memperkenalkan kerajinan yang ada di sini, Kecamatan Kintom bisa menjadi kecamatan yang mandiri,” ujarnya.

Bupati Amirudin juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Festival Pandanga, mengingat tradisi tersebut nyaris dilupakan. Pandanga merupakan tradisi mengantarkan sajian makanan kepada pemangku adat sebagai wujud syukur atas rezeki yang diperoleh dari Allah Swt.

Iring-riingan defile setiap desa/kelurahan menyerahkan sajian yang ditempatkan di depan tribun acara malam itu menghidupkan kembali tradisi lokal masyarakat Kintom di masa lampau.

Memasuki tahun politik yang rawan dengan ancaman polarisasi, Bupati Amirudin berpesan agar masyarakat tetap solid menjaga persatuan dan kesatuan.

“Di tahun politik ini kita jaga persatuan dan kesatuan. Tidak perlu saling menghujat antara satu dengan yang lain. Sesungguhnya semua kita bersaudara,” tuturnya.

Di hari jadi Kecamatan Kintom yang ditetapkan pada 4 Februari 1961, Bupati menyampaikan harapannya, “Selamat ulang tahun Kecamatan Kintom yang ke-62. Semoga di usia yang cukup matang ini, Kecamatan Kintom semakin sejahtera, semakin mandiri”.

Dalam kesempatan itu, Bupati Amirudin bersama Wabup Furqanuddin mengunjungi stan-stan pameran yang dibangun mengelilingi sisi lapangan.

Semarak peringatan HUT ke-62 Kecamatan Kintom juga dihadiri oleh Camat Kintom, Bosanyo Kintom beserta perangkat adat, pimpinan OPD/Badan, Forkopimcam, dan pejabat Forkpimda Kabupaten Banggai. ( DKISP Banggai ) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!