IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

BPK Mulai Lakukan Pemeriksaan Keuangan Pemda Banggai

213
×

BPK Mulai Lakukan Pemeriksaan Keuangan Pemda Banggai

Sebarkan artikel ini

“Bupai Banggai, Ir. H. Amiruddin Tamoreka Menyambut baik Tim BPK”

KABAR LUWUK, BANGGAI – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Tengah memulai tugas pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Banggai.

Tim auditor BPK, secara resmi diterima  oleh Bupati Banggai Amirudin di Aula Pahangkabotan Kantor Bappeda Litbang, Luwuk Selatan, Selasa (14/3/2023).

“Terhitung mulai hari ini, kami memulai pelaksanaan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Banggai tahun anggaran 2022,” kata Ketua Tim Auditor, Herman.

Herman mengatakan, pemeriksaan rutin yang dilakukan BPK setiap tahun tersebut bertujuan untuk memberikan opini atas laporan keuangan pemerintah daerah.

Diketahui, dalam sepuluh tahun terakhir Pemda Banggai berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Predikat tersebut mengindikasikan bahwa roda pemerintahan telah dikelola secara akuntabel.

Rekam jejak tersebut pun diapresiasi oleh ketua tim auditor. “Kalau sudah sepuluh kali WTP itu ibaratnya, pemerintah daerah ini sudah mature, sudah cukup matang dalam mengelola keuangan daerah,” kata Herman.

Di samping itu, Herman bersama enam anggota timnya juga akan menilai aspek kepatuhan Pemda Banggai terhadap peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan negara.

Tim auditor menjadwalkan proses pemeriksaan hingga rampung akan berlangsung selama 25 hari sebelum menyampaikan laporan temuannya pada 6 April mendatang. Dengan waktu yang singkat itu, Herman berharap, perangkat daerah dapat membantu memperlancar proses pemeriksaan.

Hal itu pun ditanggapi positif oleh Bupati Amirudin. “Sengaja kami mengundang seluruh perangkat daerah dan para camat, untuk membantu proses pemeriksaan ini, sehingga semuanya dapat berjalan lancar sesuai apa yang diharapkan,” kata Bupati Banggai.

Bupati meminta perangkat daerah memberikan informasi yang seluas-luasnya dan segera menindaklanjuti jika terdapat temuan oleh tim auditor.

“Kalau ada hal-hal yang ingin dikonfirmasi, silakan, kami terbuka, karena kita harapkan bahwa yang sudah pernah terukir di Kabupaten Banggai ini harus terus kita pertahankan dan kita tingkatkan,” ujar Bupati Amirudin.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Wakil Bupati Furqanuddin Masulili dan Pelaksana tugas Kepala BPKAD Banggai Ramli Tongko. ( DKISP Banggai ) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!