IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Bimtek Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa di Kabupaten Banggai

415
×

Bimtek Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa di Kabupaten Banggai

Sebarkan artikel ini
WABUP BANGGAI H. FURQANUDDIIN BUKA KEGIATAN BIMTEK PENINGKATAN APARATUR PEMERINTAH DESA TAHUN 2024
WABUP BANGGAI H. FURQANUDDIIN BUKA KEGIATAN BIMTEK PENINGKATAN APARATUR PEMERINTAH DESA TAHUN 2024

KABAR LUWUK  – Bimtek Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa di Kabupaten Banggai. Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai langkah strategis untuk meningkatkan sumber daya manusia, khususnya aparatur pemerintahan di desa.

Bimtek ini bertujuan untuk memastikan pengelolaan pemerintahan dan pembangunan desa berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, dengan tata kelola yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel.

Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Estrella Luwuk dan dihadiri oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Desa dari 291 desa di Kabupaten Banggai.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M., Bupati Banggai menyampaikan harapannya agar seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir.

“Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa menjadi landasan penting dan strategis untuk mewujudkan prioritas daerah Banggai Amanah,” tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai, Hasan Baswan Dg. Masikki, S.STP., M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama yang berlangsung pada Senin (03/06/2024) diikuti oleh 147 peserta,

Sementara gelombang kedua akan berlangsung pada Selasa (04/06/2024) dengan 144 peserta. “Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik dan meningkatkan kapasitas pemerintah desa, khususnya Kepala Seksi Kesejahteraan, terkait tugas dan fungsi dalam tata kelola pemerintahan desa,” jelas Hasan.

Selama kegiatan, para peserta akan mendapatkan pemaparan dari berbagai narasumber mengenai tugas dan fungsi perangkat desa, isu strategis pengadaan barang dan jasa di desa, pengelolaan keuangan desa, serta kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di Kabupaten Banggai.

Hasan juga menambahkan bahwa kegiatan ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas PMD Kabupaten Banggai Tahun Anggaran 2024.

Pada pembukaan kegiatan, hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Banggai, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Banggai, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai, perwakilan dari Inspektorat Kabupaten Banggai, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKISP) Kabupaten Banggai, serta beberapa staf ahli bupati dan undangan lainnya.

Bupati Banggai dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Wakil Bupati, menekankan pentingnya peningkatan kapasitas aparatur desa untuk mendukung tercapainya tata kelola pemerintahan desa yang baik.

“Diharapkan para peserta dapat menyerap seluruh materi yang disampaikan dengan baik sehingga dapat diterapkan dalam tugas sehari-hari di desa masing-masing,” ujarnya.

Bimtek ini diharapkan mampu menciptakan aparatur pemerintah desa yang lebih kompeten dan profesional, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat serta mendukung terciptanya desa yang maju dan sejahtera. Melalui upaya ini,

Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kapasitas aparatur desa guna mencapai tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan akuntabel di seluruh wilayah Kabupaten Banggai. ( humas Prokopim)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!