IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAHOlahraga

Berlangsung Meriah  Pembukaan Porprov Sulteng  ke IX 2022 Di Kabupaten Banggai Resmi  Digelar

350
×

Berlangsung Meriah  Pembukaan Porprov Sulteng  ke IX 2022 Di Kabupaten Banggai Resmi  Digelar

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs, Ma'mun Amir bersama Atlit Pembawa Api Obor Porprov ke IX Sulawesi Tengah

“Wakil Gubernur Sulteng  Pelaksanaan Porprov Bisa mempersiapkan Para  atlit berprestasi dalam mewakili Sulawesi Tengah Menuju PON 2024 di Aceh”

Penulis  :  Imam Muslik  ( Jurnalis )

KABAR LUWUK, BANGGAI –  Pembukaan  Pesta Pekan Olah Raga Provinsi Sulawesi Tengah yang Ke IX di Kabupaten Banggai  tahun 2022  resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengh, Drs. Ma,mun Amir, bertempat di  Astaka MTQ Komplek Halimun Kecamatan Luwuk Selatan , Sabtu Malam  9/12/2022.

Acara pembukaan Porprov Ke IX Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai berlangsun secara meriah di Astaka MTQ dengan menampilkan ratusan Penari Banggai Sambatu  dari kalangan Pelajar Mulai dari SMP hingg SMA yang ada di Kabupaten Banggai, Penampilan Marching Band  SMP Negeri 2 Luwuk serta Drum Band  SMA Negeri  3 yang dipimpin langsung Kepala Sekolahnya.

Rombongan KIrap Porprov Sulawesi Tengah

Ketua KONI  Sulawesi Tengah , M Nizar Rahmatu  menerangkan porprov Sulteng ke IX tersebut telah mepertandingkan  24 Cabang Olah dengan 3.236 Atlit dengan memperebutkan 679 mendali Emas, 676 Mendali Perak Serta 998 mendali Perunggu.

Lanjut Kata M Nizar  sesuai UU  No. 11 tahun 2022 tentang olah raga mewajibkan Pekan Olah Raga Provinsi harus dilakukan  dan ini terbukti Kabupaten Banggai yang sanggup dan mampu untuk jadi tuan rumah pelaksanaan Porprov yang ke IX .  Ujar Nizar

Sambung Nizar juga menyampaikan bahwa Bupati Banggai Ir. H. Amiruddin Tamoreka mampu menjadi tuan rumah dan tidak ada yang mampu setelah bangsa Indonesia dilanda Covid 19 selama  2 tahun, tetapi karena pentingnya olah raga dan apalagi pelaksanaan Pekan Olah raga yang diadatakan selama  4 tahun sekali akhirnya Kabupaten Banggai berani memutuskan untuk mengambil sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan olah Raga Provinsi Sulteng yang Ke IX  dengan Sukses. Tutur Ketua Koni Sulteng, M Nizar  Rahmatu.

Sementera Bupati Banggai, Ir, H, Amiruddin Tamoreka, MM dalam sambutannya megatakan ucap syukur disampaikan Bupati atas terselenggaranya Pekan Olah Raga Provinsi Sulawesi di Kabupaten Banggai  tahun 2022, ini merupakan suatu kehormatan serta kebanggaai kabupaten Banggai mendapat kepercayaan dalam pelaksanaan pesta akbar Pekan Olah Raga  se Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2022.

Lanjut atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banggai mengucapkan selamat datang kekota Luwuk Ibu kota Kabupaten Banggai kota yang dijuluki hongkong diwaktu malam semoga seluruh tamu undangan dan para atlit, kontingen serta seluruh official berkenan selama berada di kota Luwuk Kabupaten Banggai. Ujarnya.

Olehny itu perlu kita pahami bahwa penyelenggaraan Porprov Sulawesi Tengah ,bukan hanya dijadikan sebagai ajang kompetisi , namun lebih dari itu juga dapat dijadikan untuk mempererat rasa persaudaraan kesatuan dan persatuan serta saling silaturahmi antara kabupaten kota di Sulawesi Tengah. Ucapnya.

Selanjutnya atas nama pimpinan kabupaten Banggai mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan Porprov ke IX Sulawesi Tengah Tahun 2022 dikabupaten Banggai serta ucapan disampaikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang begitu besar perhatiannya dan terus memberikan dukungan dan arahan kepada kami dan Kabupaten Banggai. Pintanya.

Selanjutanya Gubernur Sulawesi Tengah yang di wakili oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. Ma,mun Amir  menyampaikan bahwa  Pekan Olah Raga Provinsi Sulawesi Tengh adalah multi event pesta olah raga 4 tahun sekali , dan dalam kesempatan ini merupakan ajang untuk mencari bibit dalam pelaksanaan menuju Sulteng Emas sesuai dengan harapan bapak Gubernur Sulawesi Tengah.

Persembahan Tarian Banggai Sambatu yang diikuri ratusan pelajar mulai SMP hingga SMA se Kabupaten Banggai

Lanjut kata Wakil Gubernur Sulteng, bahwa atlit yang mengikuti Porprov ini merupakan atlit persiapan dalam pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional yang rencana akan diadakan di Provinsi Aceh tahun 2022.  Sehingga doa dan harapan seluruh masyarakat Sulawesi Tengah bisa melalui KONI  dapat mempersiapkan atlit atlit yang berprestasi untuk mewakili Provinsi Sulawesi Sulawesi diajang pesta Pekan Olah Raga Nasional. Ujar  Ma’mun Amir yang juga mantan Bupati Banggai.

Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Provinsi Sulawesi Tegah yang ke IX  tahun 2022 dikabupaten Banggai ini, telah mempertandingkan  24 Cabang Olah raga dan sangat diharapkan dalam pelaksanaan Porprov ini ada 5 sasaran yang telah dicanangkan dapat tercapai yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi,Sukses Pemberdayaan Ekonomi masyarakat,Sukses Promosi dan Sukses Pertanggung jawaban.. Terangnya.

“Dan harapan Wakil Gubernur Sulteng kepada pemerintah kabupaten Banggai supaya acara yang begitu besar dapat dikendalikan dari sisi keamanananya dan semoga pelaksanaan Porprov Sulteng Yang Ke IX ini bisa sukses hingga penutupan dengan aman dan terkendali.” Tutup Wakil Gubernur Sulteng, Drs. Ma’mun Amir.  ( IM) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!