IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Berdayakan Perempuan, TPHP Dorong Satu Juta Pekarangan Produktif

299
×

Berdayakan Perempuan, TPHP Dorong Satu Juta Pekarangan Produktif

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK – Berdayakan Perempuan: TPHP Dorong Satu Juta Pekarangan Produktif. Satu Juta Satu Pekarangan (SJSP) merupakan salah satu inovasi program unggulan yang telah diimplementasikan oleh Bupati Banggai comselama masa jabatan 2021-2024. 

Program SJSP ini melibatkan berbagai dinas terkait, antara lain Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan, dan Dinas Ketahanan Pangan. 

Pada bulan Mei, SJSP berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2024, tidak berhenti sampai di situ, Dinas TPHP terus menggencarkan pelaksanaan program ini, terutama dalam memberdayakan perempuan.

Kabid Hortikultura Dinas TPHP, Choirul Ashari Mambuhu, menginisiasi Milestone Aksi Perubahan Gemari Pangan Pedas, yaitu Pengembangan Cabe Rawit Pada Lahan Pekarangan. 

Aksi ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas cabe rawit yang dapat dirasakan langsung oleh warga di tingkat desa, termasuk para petani.

Pada Kamis (4/7/2024), Dinas TPHP melaksanakan Bimbingan Teknis Penguatan Kelembagaan dan Sekolah Lapang Budidaya Cabe di Kecamatan Toili Barat, Desa Gunung Keramat. 

Bimtek ini dihadiri oleh Kelompok Wanita Tani (KWT), yaitu 15 anggota KWT Lestari Desa Gunung Keramat dan 13 anggota KWT Dawung Lembah Desa Lembah Keramat.

Pelaksanaan aksi perubahan ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, milestone pertama persiapan pelaksanaan, milestone kedua komunikasi, publikasi dan informasi milestone ketiga sosialisasi pelaksanaan, milestone keempat pengadaan saprodi, milestone kelima bimbingan teknis dan milestone keenam monitoring dan pelaporan.

Para Kelompok Wanita Tani tidak hanya diberikan pelatihan teknis mengenai budidaya cabe rawit, tetapi juga berdiskusi terkait aspek pemasaran, termasuk pembuatan label produk dan strategi penjualan. 

Melalui program SJSP, perempuan di Kabupaten Banggai kini memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih dalam ekonomi keluarga dan komunitas, sekaligus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang pertanian dan kewirausahaan.

Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mendukung dan memperluas program ini, dengan harapan dapat Bergerak Bersama, Berkelanjutan, Menuju Gerbang Timur Sulawesi Tengah. ( dkisp) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!