IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Banggai Run Challenge 2024 Menggantikan Tour de Banggai, Dorong Pariwisata dan Ekonomi Lokal

1045
×

Banggai Run Challenge 2024 Menggantikan Tour de Banggai, Dorong Pariwisata dan Ekonomi Lokal

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai, Ir. H. Amiruddin, MM saat menggelar Rakor Banggai Run Challenge 2024, sebuah kombinasi antara olahraga lari dan pariwisata.
Bupati Banggai, Ir. H. Amiruddin, MM saat menggelar Rakor Banggai Run Challenge 2024, sebuah kombinasi antara olahraga lari dan pariwisata.

KABAR LUWUK – Banggai Run Challenge 2024 menggantikan Tour de Banggai, dorong pariwisata dan Ekonomi Lokal. Ajang bergengsi bagi pecinta balap sepeda di Kabupaten Banggai, Tour de Banggai, sayangnya tidak akan hadir tahun ini.

Namun, Pemerintah Kabupaten Banggai tidak tinggal diam dan telah merencanakan pengganti yang tak kalah menarik.

Melalui Dinas Pariwisata, mereka akan menggelar Banggai Run Challenge 2024, sebuah kombinasi antara olahraga lari dan pariwisata. Kamis 18/1/2024.

Bupati Banggai, Amirudin, menyatakan bahwa keputusan ini mengikuti tren terkini, di mana olahraga lari menjadi daya tarik utama. “Kegiatan ini merupakan pengganti dari Tour de Banggai.

Jadi, kita mengikuti tren yang ada. Sekarang ini trennya lari,” ungkapnya saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan Banggai Run Challenge 2024.

Selain sebagai pengganti, Banggai Run Challenge diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal, terutama bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif.

“Ini kegiatan bagus, murah, dan menyehatkan, dan diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat,” tambah Bupati Amirudin.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Ismed Wardhana, menjelaskan bahwa Banggai Run Challenge 2024 akan diselenggarakan dalam tiga season di tiga lokasi berbeda.

Run de Toili akan menjadi pembuka pada 3 Maret 2024, di Kecamatan Toili, dengan rute yang melibatkan beberapa desa di sekitarnya.

Season 2 akan dilaksanakan di Kecamatan Bunta pada bulan Mei, sementara season 3 akan berlangsung di Kecamatan Luwuk pada bulan Agustus mendatang.

Kelas yang akan dilombakan mencakup kelas fun 5 Km (men and women open) dan kelas run 10 Km (men and women open), serta kelas master B lokal dan master A berdasarkan kategori usia.

Total hadiah mencapai Rp 70 juta akan diperebutkan oleh para peserta, dan panitia memperkirakan partisipasi sekitar 1.000 hingga 1.500 orang.

Banggai Run Challenge 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga pendorong utama untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi lokal di Kabupaten Banggai.

Sembari mempromosikan gaya hidup sehat melalui olahraga, Banggai Run Challenge 2024 diharapkan akan menciptakan gelombang positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi lokal.

Dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi Kabupaten Banggai. ( dkisp) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!