IMIP < Bawaslu-ads
KABAR DAERAH

Bandara Banggai Laut Akan Segera Beroperasi, Membuka Peluang Ekonomi dan Pariwisata

743
×

Bandara Banggai Laut Akan Segera Beroperasi, Membuka Peluang Ekonomi dan Pariwisata

Sebarkan artikel ini
Sofyan Kaepa Lakukan Peninjauan Pembangunan Bandara Balut
Sofyan Kaepa Lakukan Peninjauan Pembangunan Bandara Balut

Bupati Balut Tinjau Langsung Kesiapan Pembangunan Bandara

KABAR LUWUK  – Bandara Banggai Laut akan segera beroperasi, membuka peluang ekonomi dan pariwisata. Bandara Banggai Laut yang terletak di Desa Kendek, Kecamatan Banggai Utara, mengalami kemajuan signifikan dalam pembangunannya.

Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH, baru-baru ini melakukan peninjauan langsung terhadap progres pembangunan bandara tersebut, yang saat ini mencapai 94,77%. Senin 5/2/2024.

Kunjungan Bupati ini memberikan gambaran yang jelas mengenai perkembangan pembangunan, melibatkan aspek-aspek penting seperti gedung terminal, area runway, apron, taxiway, dan fasilitas pendukung lainnya yang mendukung operasional bandara.

Proyek ini menjadi salah satu fokus utama pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di wilayah tersebut.

Meskipun proyek ini sudah mencapai tahap yang signifikan, nama resmi bandara, yaitu Bandara Prins Mandapar, masih dalam tahap pengajuan ke Kementerian Perhubungan.

Hal ini menunjukkan upaya pemerintah untuk memberikan identitas yang sesuai dengan nilai sejarah dan budaya setempat.

Dengan rampungnya bandara ini, diharapkan akan terbuka akses yang lebih baik, memperlancar pergerakan masyarakat dan distribusi logistik.

Ini dianggap sebagai langkah penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut, membuka peluang baru bagi sektor ekonomi lokal.

Tidak hanya itu, keberadaan Bandara Banggai Laut juga diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan terhadap potensi pariwisata di Kabupaten Banggai Laut.

Sebagai bagian dari komitmen pemerintah untuk menggerakkan perekonomian dan mengembangkan sektor pariwisata, Bandara Banggai Laut diharapkan menjadi pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan pengembangan destinasi pariwisata yang menarik.

Pembangunan Bandara Banggai Laut juga memberikan dampak positif dalam pengembangan infrastruktur di sekitarnya. Bupati Sofyan Kaepa mengungkapkan bahwa proyek ini tidak hanya mencakup fasilitas bandara itu sendiri, tetapi juga proyek pendukung seperti jalan akses yang lebih baik ke bandara.

“Kita tidak hanya membangun bandara, tetapi juga memastikan aksesibilitas yang optimal ke bandara. Infrastruktur jalan yang diperbarui akan mendukung mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat dan membuka peluang investasi di sekitar wilayah bandara,” kata Bupati Sofyan.

Peningkatan konektivitas ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat ekonomi segera, tetapi juga membuka peluang investasi di sektor properti dan bisnis di sekitar bandara. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, pihak terkait, dan masyarakat setempat tidak dapat diabaikan. Dalam rangka mengoptimalkan potensi bandara, perlu dilibatkan berbagai pihak untuk memastikan pemanfaatan yang maksimal.

Pemerintah daerah diimbau untuk menciptakan regulasi dan kebijakan yang mendukung operasional bandara serta memfasilitasi investasi di sekitar wilayah bandara.

Masyarakat setempat diharapkan dapat merasakan dampak positif melalui peluang pekerjaan baru dan peningkatan taraf hidup. Pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja lokal juga perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa mereka siap menghadapi peluang baru yang muncul seiring dengan berkembangnya bandara.

Dengan komitmen bersama, Bandara Banggai Laut diharapkan tidak hanya menjadi sarana transportasi, tetapi juga katalisator bagi pembangunan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Banggai Laut. ( RSM ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *