IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan,BSF Gen Toili Edukasi Lewat Bu Maggi

514
×

Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan,BSF Gen Toili Edukasi Lewat Bu Maggi

Sebarkan artikel ini
Kelompok BSF Gen Toili yang merupakan mitra dari Pertamina EP Donggi Matindok Field Regional Indonesia Timur Subholding Upstream, melakukan edukasi pengolahan sampah secara berkelanjutan melalui Bu Maggi pada ajang pameran Desa Sentral Timur
Kelompok BSF Gen Toili yang merupakan mitra dari Pertamina EP Donggi Matindok Field Regional Indonesia Timur Subholding Upstream, melakukan edukasi pengolahan sampah secara berkelanjutan melalui Bu Maggi pada ajang pameran Desa Sentral Timur

KABAR LUWUK  –  Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan,BSF Gen Toili Edukasi Lewat Bu Maggi. Kelompok BSF Gen Toili yang merupakan mitra dari Pertamina EP Donggi Matindok Field Regional Indonesia Timur Subholding Upstream, melakukan edukasi pengolahan sampah secara berkelanjutan melalui Bu Maggi pada ajang pameran Desa Sentral Timur, Rabu (08/5).

Bu Maggi atau yang dikenal dengan Budidaya Maggot BSF Toili merupakan program yang diinisiasi oleh Kelompok BSF Gen Toili yang turut  mendukung target pemerintah dalam pengurangan dan penanganan sampah organik dengan metode biokonversi maggot atau larva Black Soldier Fly (BSF).

Metode biokonversi maggot menawarkan solusi inovatif dalam mengolah sampah organik menjadi produk bernilai, seperti pupuk organik dan pakan ternak.

BSF Gen Toili memiliki program yang memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Salah satu program yang dijalankan adalah mengubah sampah menjadi rupiah. Ini dilakukan melalui pengolahan sampah serta budidaya maggot BSF (Black Soldier Fly).

Awalnya, Agung Dwi Pratama selaku Founder BSF Gen Toili bersama tim merasa tergerak karena masalah sampah di lingkungan sekitarnya dan juga harga pakan yang cukup tinggi. Akhirnya, hal inilah yang menjadi titik baik bagi kelompok untuk mengawali pengolahan sampah melalui lalat BSF.

Selain dapat mereduksi jumlah limbah tidak baik di sekitar kita, larva BSF juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang laku dijual. Meski dikelompokkan sebagai lalat, BSF tidak hinggap di sampah dan tidak membawa penyakit.

Hasil budidaya maggot sangat banyak. Mulai dari pakan ternak berupa fresh maggot dan dry maggot, pupuk kasgot, dan juga hasil usaha yang dikonversi melalui peternakan lele dan menjadi peluang usaha yang dijalankan oleh kelompok. Perjalanan BSF Gen Toili turut didiseminasikan melalui keterlibatan kelompok dalam mendukung tercapainya Smart Village di beberapa kecamatan di Kabupaten Banggai.

Secara terpisah, Ridwan Kiay Demak selaku Field Manager Donggi Matindok menyampaikan, “Melalui program ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat agar semakin peduli terhadap lingkungan serta dapat konsisten menerapkan gaya hidup zero waste di kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Program ini turut mendukung capaian agenda Internasional Sustainable Development Goals (SDGs) yakni tujuan 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab) dan tujuan 17 (kemitraan untuk mencapai tujuan).**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!