IMIP < Bawaslu-ads
KABAR NASIONAL

Waria Pakai Hijab Saat Umrah

521
×

Waria Pakai Hijab Saat Umrah

Sebarkan artikel ini
Waria Umroh

MUI: Itu Mukhannats dan Allah Melaknatnya

KABAR LUWUK, MAKASSAR – Seorang waria pake hijab saat menjalankan ibadah umrah. Videonya heboh di dunia maya.

Waria itu bernama Isa Zega. Dia ikut dalam barisan perempuan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan pun mengomentari video viral itu.

Melansir mui.or.id, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Sulsel, Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA menjelaskan, apa yang dilakukan Iza Zega adalah hal yang tidak dibenarkan dalam Islam.

“Jika ia seorang laki-laki maka harus berpenampilan ke kodratnya sebagai seorang lelaki,” katanya.

 Ia juga mengulas tentang transgender dalam Islam. “Dalam Islam kita kenal dengan istilah Khuntsa, Mukhanats dan Mutarajjilah,” katanya.

Mukhannats kata dia, adalah laki-laki yang berperilaku maupun berpenampilan seperti perempuan, padahal fisiknya jelas seperti laki-laki asli.

Mutarajjilah adalah perempuan yang perilaku dan penampilannya menyerupai laki-laki, padahal fisiknya jelas seperti perempuan asli.

Khuntsa merujuk pada orang yang memiliki dua alat kelamin sekaligus dalam tubuhnya sejak lahir.

Adapun kasus ini harus ditangani medis sehingga diharapkan bisa menemukan kecendrungan sebagai laki-laki atau perempuan.

Dari ketiga kriteria ini kata Kiai Syamsul, mukhannats dan Mutarajjilah adalah perkara yang sangat dilarang Allah dan Rasulullah. Itu lanjut dia, diungkapkan Rasulullah dalam sabdanya: “Allah melaknat para perempuan yang menyerupai laki-laki, dan para lelaki yang menyerupai perempuan.”

“Dalam hadis lain disebutkan, ‘Allah melaknat perempuan yang mengenakan pakaian laki-laki dan laki-laki yang mengenakan pakaian perempuan’,” imbuh Kiai Syamsul.

Dari keterangan hadis ini KH Syamsul Bahri menjelaskan, jika perbuatan ini termasuk mukhannats yaitu seorang lelaki yanng menyerupai perempuan maka Allah akan melaknatnya selama ia terus memakai pakaian yang menyerupai perempuan.

Sebelumnya Isa Zega kembali jadi sorotan. aksinya saat umrah di Tanah Suci tua kritik di publik. Betapa tidak, Isa Zega terlihat mengenakan cadar saat umrah di Tanah Suci.

Mantan manajer Lucinta Luna ini, juga mengenakan gamis yang terlihat glamor di tempat ibadah tersebut. Menilik dari akun Instagramnya, Isa Zega sudah berangkat ke Tanah Suci pada, 19 April 2023 lalu.

Selebgram yang diduga seorang transgender itu mengenakan pakaian layaknya perempuan. Isa Zega memakai hijab, cadar, serta gamis panjang hitam saat melaksanakan beribadah di Tanah Suci.

Tindakan Isa Zega tersebut sempat memicu pro dan kontra dari publik. Tetapi ia membantah semua tudingan dari warganet. (Herald.id)

error: Content is protected !!