Tidak Terbukti, Hakim Bebaskan Ketua DPW PAN Sulteng

oleh -

KABAR LUWUK, PALU – Majelis hakim Pengadilan Negeri Palu yang menyidangkan perkara dugaan penipuan dengan terdakwa Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Oscar R Paudi pada Kamis (17/10) melaksanakan sidang pembacaan putusan. Pada sidang itu, majelis hakim memutuskan membebaskan terdakwa dari segala dakwaan Jaksa Penuntut Umum.

Ketua majelis hakim, I Made Sukanada didampingi hakim Zaufi dan Andi Natanael Partogi mengatakan. Kasus yang menjerat terdakwa bukanlah kasus Pidana melainkan kasus perdata sehingganya terdakwa lepas dari segala tuntutan hukum dan membebaskan terdakwa dari segala dakwaan.

“Menyatakan terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam pasal 378 KUHP. Membebaskan terdakwa dari semua dakwaan,” kata I Made Sukanada kepada terdakwa yang didampigi kuasa hukumnya Abdul Manan beserta Mulyadi.

Sebelumnya, Jaksa penuntut umum menuntut perbuatan terdakwa dengan pidana penjara tiga tahun.Dalam pertimbangan putusannya, I Made Sukanada, mengatakan, unsur pasal 378 sebagaimana dakwaan JPU terpenuhi, namun majelis hakim berpendapat bahwa persoalan pinjam meminjam masuk kewenangan hukum perdata. Sehingganya terdakwa patut untuk dibebaskan dari segala dakwaan dan tuntutan.

Usai pembacaan putusan I Made Sukanada memberikan waktu selama tujuh hari kepada terdakwa/penasehat hukumnya serta JPU untuk menyatakan sikap.

Oscar R Paudi usai persidangan menyatakan bahwa pihaknya memberi apresiasi atas putusan majelis hakim itu. Putusan hakim itu katanya telah memberikan rasa keadilan kepada dirinya yang selama dua tahun terakhir merasa tersandera dalam kasus hukum itu.

“Saya ucapkan terimakasih dan memberi apresiasi atas putusan hakim yang membebaskan saya dari segala dakwaan,” kata Oscar didampingi kuasa hukumnya.

Disebutkan Oscar, apa yang disangkakan padanya bukanlah kasus pidana melainkan keperdataan. Pasalnya uang yang disebut atau disangkakan telah digelapkan atau penipuan sejatinya adalah uang partai. Sehingganya apa yg didakwakan oleh JPU tidaklah terbukti.

Menyikapi putusan bebas itu, Oscar bersama kuasa hukumnya akan mempertimbangkan upaya hukum lainnya, apakah akan melaporkan balik terhadap pelapor atau tidak.
JPU Lucas J Kubela , usai persidangan menyatakan pihaknya akan melakukan upaya hukum kasasi dan segera mendaftarkan sebelum tenggat waktu yang diberikan majelis hakim. (IkB)