Patroli Rutin Polsek Toili Ungkap kepemilikan THD serta Pesta Miras, Sejumlah Pemuda Diamankan

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Upaya Kapolsek Toili IPTU Candra dalam meningkatkan stabilitas Kamtibmas di wilayah kerjanya terus dilakukan. salah satunya dengan melaksanakan operasi rutin dengan sasaran operasi penyakit masyarakat. Saat melakukan operasi patroli, Kapolsek bersama jajarannya berhasil mengamankan sejumlah pemuda yang tengah berpesta miras. Mereka kemudian diamankan ke Polsek Toili untuk selanjutnya diberikan pembinaan.

Tidak hanya itu, Kapolsek yang baru menjabat selama sepekan ini juga menyisir para penjual miras yang ada di wilayah kerjanya. Di salah satu kios yang ada di Desa  Muliya Sari ditemukan adanya penjualan miras jenis captikus, sebanyak 14 kantong miras saat itu diamankan. Penjual dibawa ke Mapolsek untuk di data dan selanjuta mendapat pembinaan.

“Saya senantiasa menghimbau agar warga bersinergi menjaga kamtibmas diwilayah masing- masing, sekiranya ada gangguan kamtibmas segera laporkan ke anggota Bhabinkamtibmas atau bisa langsung ke Polsek. Setiap laporan akan kita tindak lanjuti,” katanya.

Menurut Kapolsek, miras seringkali menjadi penyebab terjadinya tindak pidana. Sehingga dirinya berupaya keras agar penjualan dan distribusi miras ke wilayah kerja Polsek Toili yang meliputi Kecamatan Toili, Moilong, Toili Barat bisa diberantas.

Saat berpatroli, IPTU Candra bersama jajaran menemukan adanya sekelompok pemuda yang tengah berpesta miras di pinggiran jalan Desa Tirtasari Kecamatan Toili. Dua pemuda berinisial FD (16) dan AS (17) saat itu diamankan ke Mapolsek Toili untuk diberikan pembinaan.

Menariknya saat berada di Desa Mekar Kencana di jumpai adanya kegiatan karaoke di rumah salah satu warga bernama Tanis, 29 tahun. Setelah dicek ternyata karaoke itu tidak memiliki ijin operasi dan izin kegiatan keramaian, di tempat itu polisi juga menemukan adanya bekas minum minuman keras. Kapolsek Toili lalu menegur dan menutup karaoke rumahan itu dan melarang kembali beroprasi termasuk dalam menjual miras.

Tidak hanya itu operasi rutin ini juga menemukan adanya peredaran sediaan farmasi tanpa izin berupa obat THD, senjata tajam dari lelaki Ferdiansa (28) disalah satu kamar penginapan yang ada di Kecamatan Moilong. Pemuda ini kemudian dibawa ke Polsek Toili untuk selanjutnya diserahkan ke Satnarkoba Polres Banggai guna diproses hukum lebih lanjut.

“Saya sudah berkomitmen untuk memberantas miras dan peredaran narkoba di wilayah kerja saya, kami jajaran Polsek Toili tidak mentolelir penyakit masyarakat dan akan kita proses sesuai ketentuan hukum, termasuk adanya mafia BBM,” tegas IPTU Candra.

Sekali lagi kepada media ini, Kapolsek Toili meminta dukungan dari semua lapisan elemen masyarakat untuk tiga wilayah binaanya agar mendukung kegiatan Polsek Toili menjaga kantibmas.

Sejumlah warga mengapresiasi tindakan Kapolsek Toili itu, mereka berharap dengan ditempatkannya Candra bisa lebih menciptakan situasi kamtibmas yang lebih kondusif. (Marzuki Bayu)