Wawali Kota Palu Apresiasi Kinerja Delapan Tahun Basarnas

oleh -

KABAR LUWUK, PALU – Delapan tahun sudah Kantor  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Palu atau lebih dikenal Basarnas Palu berdiri. Banyak sudah kerja yang dilakukan jajaran yang kini dipimpin Basrno dalam pencarian dan penyelamatan terhadap masyarakat di Sulawesi Tengah. Pada acara peringatan ke delapan yang digelar di Kantor Basarnas Palu, Rabu (23/10) Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said didaulat sebagai inspektur upacara.

Pada sambutannya Wawali Kota Palu memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Basarnas Palu yang telah menunjukan kinerja nyata khususnya pada saat terjadinya bencana yang melanda Sulteng 28 September 2018. Sigit Purnomo Said atau Pasha pada kesempatan itu mengatakan, secara pribadi maupun pemerintah dirinya mengucapkan selamat hari jadi kantor Basarnas Palu ke delapan.

Baca Juga  Kapolres Banggai Pimpin Upacara Pemakaman Wakapolres Almarhum Kompol Reki Hendra Lumintang

Dikatakan Pasha, pihaknya mengapresiasi atas kerja-kerja yang berkaitan dengan kegiatan kemanusiaan Basarnas yang sudah dibuktikan saat terjadi bencana di Palu dalam bentuk gempa bumi, tsunami dan likuifaksi.

Basarnas ujarnya bersama-sama masyarakat melaksanakan bantuan dan evakuasi bagi korban bencana alam. Pasha berharap dengan HUT ke 8 itu niat dan tekad dalam tugas menjaga jagad dan alam semesta melalui sinergitas bisa lebih baik dalam proses penanganan khususnya berkaitan dengan kebencanaan.

“Begitu luar biasa tugas Basarnas Palu, mudah-mudahan dengan sinergitas yang terbangun baik antara Basarnas dengan pemerintah dan juga dengan instansi yang lain kedepan, khususnya Kota Palu bisa lebih baik dalam proses penanganan berkaitan dengan kebencanaan,” Ujar Pasha diamini sejumlah pejabat undangan lainnya.

Baca Juga  Dukung Pelayanan Masyarakat, DSLNG Telah Sumbangkan Sembilan Kendaraan Operasional Bagi Daerah

Selama berdiri, Basarnas Palu telah melaksanakan operasi SAR terhadap 48 kecelakaan kapal, satu kecelakaan pesawat, 119 kondisi membahayakan manusia dan 17 bencana alam. Kepala Kantor SAR Palu Basrano mengatakan banyak tantangan dan tugas yang akan dihadapi sehingganya seluruh jajaran Basarnas Palu senantiasa siap sedia dan terus meningkatkan kapasitas anggotanya.

Basrano berharap sejumlah daerah di Sulawesi Tengah dapat berdiri Pos SAR agar lebih mempermudah dalam proses pencarian dan pertolongan terhadap masyarakat. Demikian juga Pos SAR yang telah ada statusnya dapat ditingkatkan bahkan jika diperlukan dapat naik menjadi kantor Basarnas.

Kegiatan yang dihadiri Dandim 1306/Donggala, Lanal Palu, Polairud Polda Sulteng, BPBD, itu kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Bahkan dalam perayaan itu dipertontonkan aksi rifting pada medan vertikal oleh anggota Basarnas Palu. (IkB)