Unik, HUT Bhayangkara ke 73, Polres Donggala Ajak Masyarakat Taqarrub

oleh -

KABAR LUWUK, Palu – Pada zaman Kerajaan Majapahit patih Gajah Mada terbentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas melindungi raja dan kerajaan yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya kesatuan Polisi Indonesia.

Telah 73 tahun secara resmi, Polisi Republik Indonesia (POLRI) berdiri menjaga stabilitas keamanan Nasional Republik ini. Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada hari Senin, tanggal 1 Juli 2019 mendatang, di seluruh wilayah Indonesia digelar berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing kesatuan setempat.

Berbeda dengan Polres Donggala, dalam beberapa kegiatan menyambut HUT Bhayangkara, ada sebuah kegiatan yang unik. Satuan ini melaksanakan Taqarrub (Mendekatkan diri) kepada sang Pencipta, dengan mengadakan lomba memandikan dan Mengkafani Jenazah, selain menyeru untuk kebaikan hal ini juga akan senantiasa mengingatkan kita untuk terus melakukan kebaikan karena hidup ini tidak selamanya kekal abadi.

Baca Juga  GMPK Meminta Inspektorat Turun periksa Dana Desa

Menurut Kapolres Donggala AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarje, SE, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan serta mampu menyiapkan generasi muda yang islami serta terampil nantinya.

“Dalam mengajak pada perbuatan baik serta mencegah kemungkaran, Generasi muda selayaknya memulai kebaikan itu dari diri sendiri, Polres Donggala dalam hal ini, membantu memberikan ruang kepada mereka dengan mengadakan lomba memandikan dan mengkafani jenazah” tambahnya.

Ditempat terpisah, Kasat Intelkam IPTU Musa , S.Sos. sebagai ketua pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan itu pendaftarannya gratis atau tidak dipungut biaya. Kapolres Donggala katanya telah menyiapkan hadiah berupa piala plus bonus total jutaan rupiah untuk diperebutkan peserta lomba. Kegiatan ini dilaksanakan di Polsek Banawa pada tanggal 2 Juli mulai pukul 08.00 wita.

Baca Juga  Keselamatan Masyarakat Banggai di Tengah Pandemi Covid-19 Jadi Perhatian Serius Bupati Banggai

“Peserta nanti dalam bentuk tim dimana dalam satu tim terdiri dari dua orang, lomba ini akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2019 mendatang, bertempat di halaman Polsek Banawa Kabupaten Donggala,” ujar IPTU Musa.

Ia berharap agar kegiatan ini bisa mempererat tali Silaturrahmi antar masyarakat Donggala.dengan polri serta terbangun sinergitas yang baik dengan stakeholders. (ikb)