Satsabhara Polres Banggai Tingkatkan Kemampuan SAR Dengan Latihan Rutin

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH, senantiasa mengintruksikan kepada seluruh jajaran agar meningkatkan kemampuan sesuai tupoksi dan tanggung jawab masing-masing. Seperti yang dilakukan Kasat Sabhara Polres Banggai Iptu Jimyarto Anasim SH, bersama anggotanya melaksanakan latihan SAR di Pantai Wisata Kilo Meter Lima Luwuk, Sabtu (11/7/2020).

Kapolres Banggai mengungkapkan, pelatihan ini dilaksanakan guna mengasah kemampuan anggota Sabhara jika dibutuhkan dalam proses penyelamatan SAR Laut.

“Anggota dilatih melakukan penyelamatan dengan menggunakan perahu kano,” ungkap AKBP Satria.

Adapun materi latihan dasar yang dilakukan yaitu Teknik cara menaiki perahu kano, penyampaian teori dasar latihan kemampuan evakuasi korban bencana dan latihan kemampuan berenang personil dilanjutkan dengan latihan evakuasi korban tenggelam.

Baca Juga  Kapolres Banggai Pimpin Upacara Pemakaman Wakapolres Almarhum Kompol Reki Hendra Lumintang

“Anggota juga dilatihkan teknik membalikkan perahu karet dan cara menolong korban yang tenggelam menggunakan perahu karet, serta bagaimana melakukan penyelamatan korban tenggelam di air,” ujar Kapolres.

Orang pertama di Polres Banggai ini mengatakan, latihan SAR ini akan dilatihkan secara berkala guna peningkatan kemampuan anggota. (MjB/Rls)