Polres Banggai Siap Amankan Pelaksanaan FPD

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Pembukaan Festival Pulo Dua menyisahkan waktu dua pekan lagi, guna memastikan keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan kegiatan yang masuk dalam 100 kalender pariwisata nasional itu Polres Banggai akan mengerahkan personilnya dibantu TNI serta instansi lainnya. Kepada media ini Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh mengatakan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan FPD yang rencananya dihadiri sejumlah menteri itu.

Bahkan rencananya Kapolres Banggai bersama jajaran akan menggelar rapat internal membahas rencana kebutuhan pengamanan pelaksanaan acara itu. Hal itu dimaksudkan agar nantinya saat digelar rapat bersama panitia pelaksana pihaknya telah siap menyodorkan rencana penempatan personil serta anggaran pendukung lainnya.

“Besok saya rapatkan bersama para kabag dan kasat, kita akan buat dulu renbut (rencana kebutuhan) pengamanan acara itu, hasilnya nanti kita sodorkan ke panitia pelaksana acara saat digelar rapat,” terang perwira dua melati ini.

Baca Juga  Dampak Penutupan Akses Jalan, Pemuda Maahas Usulkan Gedung Unismuh Jadikan Tempat Pasien Covid 19

Diakui Kapolres Banggai, sampai saat ini pihaknya belum menerima adanya surat permohonan pengamanan pelaksanaan event berskala nasional itu. Sebagai penanggungjawab keamanan Kapolres Banggai memastikan dirinya siap mengamankan acara itu, hanya saja perlu adanya rapat bersama khusus membahas secara teknis pengamanan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu. Hal ini berkaitan dengan jumlah personil yang dilibatkan termasuk akomodasi dan transportasi anggota yang terlibat dalam even itu termasuk penempatan lokasi personil dilapangan.

“Sampai saat ini kita belum menerima undangan rapat membahas hal itu, hanya saja kita akan buat dulu renbut jadi kalau digelar rapat kita sudah siap. Banyak hal yang akan dibahas bersama panitia pelaksana karena ini event skala nasional yang keamanannya mesti dibahas secara detail, apalagi informasinya bakal dihadiri sejumlah menteri,” tambah AKBP Moch Sholeh.

Baca Juga  Kapolsek Bunta" Pentingnya Kesadaran Dalam Menekan Angka Covid-19

Menurut Kapolres, dasar pembuatan Surat perintah tugas (sprint) berdasarkan permintaan PAM (pengamanan-red) dari Panitia Pelaksana, hanya saja sampai saat ini belum ada undangan rapat membahas hal ini. Pergeseran personil kata Moch Sholeh harus ada hal lainnya semisal makan dan minum personil dilapangan sehingganya harus dibahas secara detail.

Rencananya Polres Banggai dalam pengamanan pelaksanaan FPD akan melibatkan personil Sat Brimob, personil TNI dalam hal ini Koramil setempat termasuk instansi lainnya. Selaku penanggungjawab pelaksanaan keamanan Kapolres berharap kegiatan itu berjalan aman dan tertib karena hal ini membawa nama daerah ditingkat nasional bahkan internasional. (ikb)