Lebaran Ketupat Warga Banjiri Lokasi Wisata di Banggai

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Perayaan lebaran ketupat di Kabupaten Banggai pada Rabu (12/6) berjalan aman dan lancar. Ratusan hingga ribuan warga membanjiri sejumlah lokasi wisata yang ada di daerah ini guna merayakan lebaran yang dirayakan setelah tujuh hari lebaran Idul Fitri. Guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat, Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh memerintakan jajarannya melakukan pengamanan.

Kepada media ini AKBP Moch Sholeh mengatakan, sudah menjadi tugas dan tanggungjawabnya memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Olehnya itu dalam rangka perayaan lebaran ketupat jajarannya telah diperintahkan melakukan pengamanan. Segala proteksi dan antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas harus sejak dini dilakukan salah satunya yakni melakukan koordinasi dengan para tokoh setempat termasuk melakukan operasi dan razia.

“Saya telah perintahkan kejajaran agar memastikan perayaan lebaran ketupat di daerah ini berjalan aman dan lancar. Saya tidak mau mendengar adanya gangguan kamtibmas terutama dilokasi wisata yang menyebabkan warga tidak aman dan nyaman,” terangnya.

Baca Juga  Gerakan Berbagi Untuk Warga Sebar Ribuan Paket Sembako di Kota Palu

Ditambahkan perwira dua melati ini, jajaran Polres Banggai telah diperintahkan bertindak tegas terhadap para pelaku yang mencoba mengganggu kamtibmas. Sehingganya orang nomor satu di Polres Banggai ini memberi peringatakan agar tidak ada yang coba-coba membuat kegiatan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyataman serta ketertiban masyarakat khususnya dilokasi wisata saat perayaan lebaran ketupat ini.

“Kita akan tindak tegas sesuai perundangan jika memang ada yang mencoba membuat keonaran yang dapat mengganggu Kamtibmas, mari kita sama-sama menjaga daerah ini tetap aman dan nyaman,” tambahnya.

Terpisah Kapolsek Nuhon IPTU Asdar yang dimintai keterangannya mengatakan, lebaran ketupat diwilayah kerjanya terbagi menjadi beberapa titik. Pantai Hek merupakan pusat dilaksanakan lebaran ketupat yang dibanjiri warga yang ada di Kecamatan Nuhon, Simpang Raya dan Bunta serta warga dari kecamatan lainnya. Olehnya itu sejak beberapa waktu lalu pihaknya telah berkoordinasi dengan panitia terkait pengamanan guna menjamin keamanan dan kenyamanan warga.

Baca Juga  Apresiasi Dedikasi yang Luar Biasa, TNI AL Beri Penghargaan Bidan Awanthy Pangas

Diterangkan IPTU Asdar, bberapa waktu lalu pihaknya telah melaksanakan operasi berupa razia kendaraan dan tempat-tempat yang kemungkinan menjual miras. Bahkan saat pelaksanaan lebaran ketupat itu jajarannya melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung yang dicurigai membawa miras serta benda tajam. Namun hingga akhir pelaksanaan lebaran ketupat itu tidak terjadi hal-hal yang menonjol serta berjalan dengan aman dan lancar. (ikb)